Sukses Dengan Karir & Kehidupan yang Seimbang
Sumber: Google

Career / 21 November 2014

Kalangan Sendiri

Sukses Dengan Karir & Kehidupan yang Seimbang

Theresia Karo Karo Official Writer
5133
Penelitian dari Morgan Redwood di Inggris mengungkapkan keuntungan dari work-life balance. Dikatakan, perusahaan yang mendorong karyawan untuk memiliki keseimbangan yang baik antara pekerjaan dan kehidupan pribadi akan memperoleh pendapatan 20% lebih besar/tahun, dibandingkan dengan perusahaan yang tidak mendorong work-life balance.

Di samping itu, seseorang dikatakan telah sukses bila dapat menyeimbangkan kehidupan pribadi dan karir. Pada dasarnya kedua hal ini saling mendukung satu sama lain. Bila anda dapat memberikan porsi yang sama pada urusan karir dan pribadi, tanpa saling mengganggu.

Tetapi yang sering terjadi adalah banyak orang merasa bahwa pekerjaan telah menyita kehidupannya. Padahal yang mengatur hal tersebut sebenarnya adalah diri sendiri. Bagi anda yang sulit menyeimbangkan karir dan kehidupan pribadi, berikut tips untuk mencapainya:

To-Do-List
Setiap pagi sebelum mulai bekerja, biasakan untuk membuat jadwal pekerjaan anda untuk hari itu. Sehingga waktu anda akan lebih teratur. Selain itu dengan to-do-list, anda juga tidak membuang-buang waktu karena bingung harus mengerjakan apa selanjutnya. Sehingga anda dapat pulang tepat waktu dan berkumpul bersama keluarga atau memiliki kehidupan sosial di luar kantor.

Porsi yang Sama
Pastikan anda memberikan porsi yang sama dalam setiap segment kehidupan anda. Satu hari terdiri dari 24 jam, bila biasanya anda menghabiskan waktu 8 jam di kantor, maka 8 jam lainnya dapat anda gunakan untuk menata kehidupan pribadi, dan masih tersisa 8 jam lain untuk beristrirahat serta mengurus diri sendiri. Beri porsi yang sama dalam setiap kebutuhan anda, jangan sampai waktu terbuang percuma atau berat sebelah.

Beri Ruang untuk Hobi
Jangan ragu untuk melakukan hobi anda. Hal ini berperan untuk memuaskan keinginan hati dan menghindarkan anda dari stres. Beri waktu untuk mengerjakan kesenangan dan passion anda.

Berani Katakan Tidak
Bila dalam satu kesempatan anda keberatan dan merasa tidak sanggup untuk mengerjakan sesuatu, jangan ragu untuk menolaknya. Tentunya anda juga harus bisa menjelaskan alasan yang rasional kepada atasan atau rekan kerja. Apabila anda memaksakannya, maka hal ini akan memicu perasaan terjajah dan tersiksa dengan tawaran pekerjaan tadi.

Urus Diri Sendiri
Yang terpenting adalah anda harus dapat meluangkan waktu untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Bisa dilakukan lewat relaksasi atau liburan. Sehingga anda dapat memperoleh kehidupan yang bahagia dan seimbang.

Sumber : Vemale/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami