Tips Aman Bepergian Bersama Bayi
Sumber: Google

Parenting / 20 November 2014

Kalangan Sendiri

Tips Aman Bepergian Bersama Bayi

Theresia Karo Karo Official Writer
3516
Memasuki penghujung tahun, semakin dekat dengan masa liburan. Rencana akhir tahun dengan berkumpul bersama keluarga dan pulang kampung menjadi waktu yang dinantikan oleh hampir setiap orang.

Bagi anda yang bepergian jauh bersama keluarga dan si kecil, terkadang perjalanan ini dapat menjadi perjalanan yang menegangkan bukan menyenangkan. Karena saat membawa bayi dalam perjalanan panjang, terdapat sederet perlengkapan yang harus dibawa, belum lagi kalau anak rewel karena merasa bosan dalam perjalanan. Bila anda merasa khawatir saat membawa bayi dalam perjalanan jauh, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua:

Perhatikan Sikap Anak dalam Perjalanan

Saat melakukan perjalanan, pertimbangkan jarak dan waktu perjalanan yang realistis dan dapat ditempuh secepat mungkin. Disamping itu, perhatikan sikap anak yang sering terjadi saat anda mengajaknya keluar rumah. Misalnya, ketika dalam kendaraan yang berjalan. Apakah anak anda tertidur sepanjang perjalanan? Bila iya, maka ini dapat menjadi pertimbangan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat atau mobil selama jam tidur bayi anda.

Tetapi bila yang terjadi sebaliknya, anak cenderung gelisah dan tidak menikmati perjalanan maka akan lebih mungkin diatasi dengan bepergian saat anak merasa gembira. Biasanya hal ini berlangsung saat pagi hari. Yang juga tidak kalah penting, jangan lupa membawa mainan kesukaannya untuk menjaga anak merasa nyaman.

Tetap Perhatikan Jadwal Menyusui

Dalam perjalanan bayi yang tertidur dengan kondisi yang tidak biasa dapat membuat jadwal menyusui menjadi kacau. Bila memungkinkan, tetap patuh pada jadwal menyusui anak. Sehingga dapat menjaga kestabilan kondisi anak. Selain itu bawa cemilan yang dapat menyibukkan bayi anda, sehingga tidak merasa gampang bosan akibat terlalu lama duduk.

Fasilitas Umum dan Peraturannya
Bila anda memanfaatkan fasilitas umum seperti hotel, ketahui lebih dahulu peraturan dan fasilitas khusus bayi. Misalnya tempat tidur khusus bayi, sehingga anda tidak perlu membawa beragam perlengkapan yang tidak perlu.

Selain itu, ketahui peraturan bandara atau maskapai penerbangan yang anda gunakan. Hal ini untuk mengantisipasi jenis barang apa yang bisa di masukkan ke dalam bagasi pesawat dan melewati pemeriksaan petugas sekuriti bandara.

Ringkaskan Barang Bawaan
Hindari untuk membawa barang yang terlalu banyak, karena ini yang akan merepotkan anda nanti. Apalagi melakukan perjalanan dengan maskapai penerbangan, yang membatasi beban bagasi. Bila memang harus membawa banyak perlengkapan, anda juga harus siap dengan konsekuensinya yaitu membayar biaya tambahan.

Dengan mengetahui perencanaan yang cermat maka anda dapat memiliki pengalaman seru saat melakukan perjalanan liburan bersama bayi. Semoga 4 tips diatas dapat membantu anda dalam merencanakan liburan akhir tahun.

Sumber : Keluarga/Tempo.co by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami