Bisnis Kecil “Bertampang” Profesional (P2)
Sumber: cobaltpm.com

Entrepreneurship / 19 November 2014

Kalangan Sendiri

Bisnis Kecil “Bertampang” Profesional (P2)

Theresia Karo Karo Official Writer
7425
Minggu lalu kita sudah membahas tentang bisnis kecil “bertampang” profesional. Selain lima poin sebelumnya, bahasan mengenai dunia entrepreneur kali ini juga tidak kalah penting.

Meskipun usaha yang sedang dirintis masih terbilang kecil, jangan jadikan ini alasan untuk membuatnya jauh dari kesan profesional. Berikut enam poin yang bisa diikuti agar bisnis anda semakin berkembang dan maju:

Peran Desain Profesional
Penting untuk anda ingat bahwa desain yang dibutuhkan bukan sekedar logo, situs website, dan kemasan. Masih ada hal-hal yang juga tidak kalah penting seperti kartu nama, email template, hingga video profil perusahaan. Berikan ruang untuk investasi kepada desain profesional yang berperan dalam pemasaran perusahaan anda. Karena hal ini menyangkut kredibilitas perusahaan yang sedang dikembangkan.

Rajin Nge-Blog
Bukan hanya produk yang perlu di update, tetapi situs website anda juga perlu di update. Agar tidak terlalu monoton, gunakan situs web anda sebagai media informasi. Minimal di update sekali atau dua kali dalam seminggu. Pastinya isi postingan masih berkaitan dengan bisnis dan audiens anda. Isinya bisa berupa berita, kisah inspiratif, atau pencapaian dalam bisnis. Secara tidak langsung situs web anda tidak hanya sebagai tempat belanja, namun bisa juga untuk melihat postingan. Walau tidak membeli, namun mereka akan tetap mengunjungi website anda.

Review dan Testimony Cukup Membantu
Jangan malas untuk mengumpulkan testimony dan review dari pelanggan anda. Karena ini adalah satu dari sekian hal penting dalam bisnis. Karena ini dapat memicu kepercayaan pelanggan untuk membeli produk anda. Bila memungkinkan, anda juga dapat memita mereka untuk membuat video testimony sehingga dapat dipasang di situs web perusahaan anda.

Beraksi Bersama Perusahaan Besar
Ikuti event yang turut mengundang pebisnis dan perusahaan yang lebih besar. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan yang lebih dikenal masyarakat, sehingga dapat memperluas koneksi anda. Hal ini tentu akan berdampak pada pelanggan yang semakin percaya dan loyal.

Atau bisa juga dengan menjadi salah satu sponsor acara kegiatan amal yang masih berhubungan dengan bisnis yang dijalankan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan anda memiliki kepedulian dan kultur. Secara tidak langsung perusahaan anda akan semakin dikenal masyarakat luas.

Temukan Cara Agar Bisnis Diliput Media
Bisa dengan menjadi narasumber pada suatu liputan. Lewat ini anda berkesempatan untuk mengenalkan diri dan bisnis pada lingkup yang lebih luas. Selain itu, wawancara media juga dapat menaikkan popularitas dan mempengaruhi penjualanan.

Percaya Diri
Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah percaya pada diri sendiri, percaya pada kemampuan anda, dan potensi yang anda miliki. Bila anda sendiri tidak percaya pada kemampuan diri sendiri, bagaimana bisa anda berharap orang lain percaya dengan perusahaan anda. Namun jangan lupakan sikap hati yang benar dan tetap rendah hati. Potensi untuk bisnis kecil yang berkembang akan selalu terbuka bagi anda yang memang berjuang untuk itu.

Sumber : Hipwee/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami