Terang Alkitab
Kalangan Sendiri

Terang Alkitab

daniel.tanamal Official Writer
      4322
Mazmur 119:105
Firman-Mu itu pelita  bagi kakiku dan terang  bagi jalanku.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 140; Yohanes 17; Hagai 1-2

Apakah Anda memiliki lampu baterai atau lampu emergency di tempat tinggal Anda? Lampu baterai merupakan lampu yang dapat menolong kita pada saat listrik di tempat tinggal kita padam. Lampu baterai otomatis akan menerangi setiap ruangan yang gelap ketika aliran listrik mati sehingga kita dapat melihat dengan jelas semua benda yang ada di sekitar kita.

Begitu pula dengan Alkitab, yaitu sumber terang yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia. Pemazmur menyebut firman Tuhan sebagai pelita bagi kaki dan terang bagi jalan, meskipun ada orang yang mengatakan bahwa Alkitab adalah sebuah kitab yang menyesatkan karena ada ayat-ayat di dalamnya yang tidak masuk di akal mereka. Sebagai contoh, misalnya mengenai ketritunggalan Tuhan, dan juga beberapa mujizat yang Yesus lakukan ketika Ia berada di bumi, bahkan ada yang meragukan tentang kematian Yesus, dan lain sebagainya.

Memang tidak semua bagian di dalam Alkitab dapat dengan mudah kita mengerti. Ada bagian-bagian tertentu di Alkitab yang cukup sulit untuk kita pahami. Salah satu alasan mengapa kita tidak dapat cepat dan mudah untuk memahami sejumlah ayat firman Tuhan adalah karena dosa. Dosalah yang mengakibatkan pikiran kita menjadi gelap sehingga kita tidak dapat menangkap maksud Tuhan yang mulia, baik, dan suci. Di dalam sifat keberdosaan kita, kita adalah makhluk kegelapan yang sangat membutuhkan terang.

Dalam memahami firman Tuhan yang terdapat di dalam Alkitab, kita membutuhkan bantuan penerangan agar dapat melihat dengan jelas makna di dalam firman tersebut. Itulah sebabnya kita membutuhkan pertolongan Roh Kudus yang akan memberikan penjelasan agar kita dapat memahami maksud dan tujuan firman Tuhan yang kita baca.

Dengan rutin membaca Alkitab, serta tentunya juga dengan melakukannya, kehidupan kita yang tadinya gelap akan menjadi terang, lebih teratur, dan terarah. Jangan pernah merasa bosan untuk senantiasa membaca Alkitab. Alkitab bukanlah sekadar buku biasa, karena di dalamnya kita dapat mengetahui hal-hal yang bisa mengubah kehidupan kita. Mintalah pimpinan Roh Kudus saat kita membaca firman Tuhan. Juga mintalah pertolonganNya agar kita dimampukan untuk melakukan firman Tuhan tersebut sehingga kita dapat menjadi “anak-anak terang”.



Ikuti Kami