Siap-siap Penuhi Koper Liburan Anda & Keluarga
Sumber: expatliving.sg

Travel / 14 November 2014

Kalangan Sendiri

Siap-siap Penuhi Koper Liburan Anda & Keluarga

Hot Triany Nadapdap Official Writer
3237
Tanpa terasa musim liburan di Bulan Desember akan segera tiba. Tinggal hitungan hari. Sebagai Parents yang bijak, sebelum liburan sekolah tiba Anda harus sudah mengatur jadwal cuti Anda, budget dan tempat berlibur termasuk barang-barang apa yang wajib dibawa. Apalagi kalau anak dan keponakan Anda jumlahnya lebih dari 2 orang, yang berarti semakin banyak daftar checklist yang harus didetilkan. Hal ini untuk memastikan liburan Anda tidak menemukan masalah berarti dan kondisi di luar rencana/plan B dapat ditangani dengan baik.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dalam liburan bersama keluarga tercinta. Ada benda-benda yang wajib ada di dalam tas dan koper Anda saat bepergian. Termasuk pernak-pernik keselamatan dan kenyamanan buat si kecil, agar perjalanan menjadi menyenangkan bagi semuanya:

Pastikan yang akan ada di dalam tas si kecil:
- Tiket.
- Permen pencegah telinga sakit di pesawat/bus/kereta.
- Cemilan sehat anak.
- Krayon, pensil gambar, dan buku gambar favorit.
- Buku cerita kesayangan.
- Mainan kesayangan atau mainan yang bisa dimainkan di perjalanan.
- Kotak obat: termometer, plester, obat penurun panas, obat-obat khusus jika si kecil mengidap sakit tertentu. Kalau perlu, bawa resep dari dokter untuk berjaga-jaga jika obat yang dibutuhkan habis atau hilang.
- Lotion obat nyamuk, atau patch anti nyamuk khusus untuk anak.
- Perlengkapan mandi: sikat gigi, pasta gigi, atau shampo.

Dalam tas Anda:
- Tiket dan paspor.
- Slip konfirmasi hotel.
- Kartu identitas diri.
- Bahan bacaan untuk pengisi waktu di jalan.
- Alat kosmetik (bawa yang sangat mendasar saja. Misal pelembab, bedak, lipstik)
- Obat-obatan pribadi.
- Kamera.
- Sunglasses.
- Air mineral.

Selain ada barang-barang yang tidak boleh lupa untuk dibawa di atas, ada beberapa catatan hal-hal lain yang seharusnya dilakukan dan tidak boleh dilakukan agar perjalanan liburan Anda sekeluarga menyenangkan dan tidak terlupakan.

- Bawa cemilan favorit. Untuk perjalanan panjang, jangan pernah lupa membawa satu kotak khusus berisi cemilan kegemaran si kecil. Misalnya crackers, buah-buahan, permen (jika memang diperbolehkan), air minum, jus buah.

- Istirahat. Jika Anda memutuskan berlibur dengan naik mobil, jangan lupa untuk sering berhenti untuk istirahat. Berhentilah setiap tiga jam di tempat yang nyaman, agar anak-anak bisa melepas kebosanan dengan bermain. 

- Setel musik. Bagi perjalanan panjang dengan mobil, jangan lupa putarkan lagu-lagu kesayangan si kecil. Lagu-lagu ini sangat bermanfaat jika anak-anak mulai bosan dengan mainan mereka.

- Jangan cuma duduk. Naik apapun Anda dan keluarga (pesawat, mobil, bus, atau kereta), jangan abaikan anak-anak dengan kesibukan mereka sendiri. Libatkan diri Anda dan ajak mereka melakukan beragam aktivitas. Misalnya main boneka, mewarnai, menyanyi, mendongeng.

- Jangan bawa barang berlebihan. Memang terkadang agak sulit membatasi diri dari barang bawaan yang ingin dibawa. Tetapi ingatlah selalu, bawaan yang berat akan merepotkan perjalanan Anda. Terlebih jika Anda merencanakan pindah dari satu lokasi liburan, ke lokasi liburan lain.

Rencanakan perjalanan Anda dengan baik, dan jangan lupa dokumentasikan momen-momen yang bahagia keluarga sehingga menjadi kenangan yang indah. Jangan lepaskan pandangan dari anak-anak Anda, memastikan mereka dalam pengawasan Anda. Selamat menuliskan daftar catatan liburan milik keluarga Anda.


Sumber : jawaban.com/htn
Halaman :
1

Ikuti Kami