5 Spot Andalan Wisata di Sawarna
Sumber: Wisata.eu

Travel / 23 October 2014

Kalangan Sendiri

5 Spot Andalan Wisata di Sawarna

Lori Official Writer
5140
Desa Sawarna kerap disebut-sebut sebagai mutiara terpendamnya Kabupaten Lebak, Banten. Pasalnya, Sawarna memendam beragam pesona keindahan alamnya. Mulai dari pesona pantai-pantai hingga guanya yang dapat disinggahi dalam sekali kunjungan.  

Dari Jakarta, Sawarna bisa ditempuh lewat rute Bogor, Sukabumi dan Pelabuhan Ratu. Atau memilih jalan lain seperti Serang, Pandeglang dan Rangkasbitung. Jarak tempuh berkisar 6-7 jam. Saat tiba di desa Sawarna, Anda dapat mengunjungi lima destinasi wisata ini:

1. Pantai Legon Pari

Pantai ini masih sangat perawan atau bersih dan masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Pantai ini hanya perlu ditempuh dengan jarak kurang lebih 1.5 km dari desa Sawarna. Jalanannya yang berbatu dan naik turun bukit memang akan cukup membuat Anda lelah, namun rasa lelah itu akan terbayarkan saat menikmati bentangan pantainya yang indah. Pantai ini sangat banyak digunakan oleh para pengunjung untuk menikmati sunrise serta mengabadikan pemandangannya yang indah.

2. Pantai Tanjung Layar

Tanjung Layar destinasi paling menarik dan banyak dikunjungi wisatawan. Pantai ini memiliki ikon khasnya berupa dua karang besar yang berhimpitan seperti layar kapal, di sekelilingnya terdapat karang-karang cadas dan karang datar. Bila ombaknya sedang tinggi pantai ini digunakan untuk olahraga surfing atau berselancar.

3. Karang Beuruem

Dari pantai Legon Pari menuju ke arah Barat ditemukan bongkahan karang memanjang yang menjadi semacam sea wall pantai Sawarna. Saat ombak bergulung-gulung datang dari arah laut lepas, ombak akan terpukul dramatis dipunggung karang dan jatuh bebas membentuk semacam birai air terjun.

4 Gua Lalay  

Selain pantai dengan keindahan alamnya, Sawarna juga punya keindahan dalam ruang yang cukup menantang, yakni gua. Gua Lalay atau gua kelelawar ini terletak di kaki Bukit Pasir Tangkil. Untuk menuju ke sana, dibutuhkan sekitar 40 menit dengan berjalan kaki dari pemukiman warga. Gua ini terbilang menantang lantaran kondisinya gelap, dingin dan mencekam. Gua ini semakin dikenal luas lantaran memiliki sejarah sebagai bekas tempat perlindungan para pejuang saat masa penjajahan Jepang. Gua ini memiliki beberapa chamber berisi stalaksit dan stalagmite yang bisa dinikmati dengan alat bantu penerangan. Untuk menikmati destinasi yang satu ini, sebaiknya gunakan bantuan guide profesional.

5. Gua Langir

Lokasi gua ini cukup tersembunyi, jadi pantainya terbilang masih cukup sepi dan bersih. Tak seperti Gua Lalay yang basah, gua ini sangat kering. Sekitar gua banyak terdapat tebing-tebing tinggi menjulang yang bisa dipanjat. Selain Tebing, terdapat pasir putih yang tak kalah indahnya dengan Tanjung Layar. Gua ini juga dikenal sebagai tempat persembunyian saat masa penjajahan.

Tertarik dengan lima spot menarik di Sawarna ini? Tunggu apalagi masukkan Sawarna menjadi salah satu destinasi wisata yang akan Anda kunjungi segera.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami