Saat Program UMeetMe Dipakai Untuk E-Blusukan
Sumber: tribunnews.com

Entertainment / 23 October 2014

Kalangan Sendiri

Saat Program UMeetMe Dipakai Untuk E-Blusukan

Lois Official Writer
3541
Presiden RI Joko Widodo menginginkan agar program blusukannya tetap berjalan dan dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia. Caranya, Jokowi menginginkan adanya program blusukan melalui internet. Inilah yang sedang dipersiapkan PT Telkom Indonesia agar layanan konferensi video terpadu berbasis internet, UMeetMe.

UMeetMe telah digunakan untuk program pembelajaran jarak jauh, komunikasi perusahaan lintas negara, memantau arus mudik saat lebaran, hingga komunikasi antara tenaga kerja Indonesia (TKI) dengan sanak saudaranya di desa. Layanan ini juga sudah digunakan oleh pemerintah daerah (pemda) maupun Polri untuk berkomunikasi dengan jajaran di bawahnya.

Nampaknya, pemanfaatan layanan UMeetMe ini mencapai level yang lebih luas ketika Jokowi menggunakannya untuk berkomunikasi dengan petani dari Sabang sampai Marauke yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Petani dapat dengan mudah langsung menyampaikan permasalahan yang dihadapi kepada presiden. Kegiatan mendengar berbagai keluhan rakyat secara langsung tanpa bertatap muka fisik ini populer dengan sebutan e-blusukan.

Melalui komunikasi video dua arah ini semua masyarakat bisa dengan mudah menyampaikan permasalahan yang dihadapi langsung kepada presiden. Bahkan UMeetMe diklaim dapat menjangkau hingga pelosok desa karena konfigurasinya dirancang agar mudah digunakan, menurut EGM Divisi Solution Convergence Telkom Achmad Sugiarto.

Keunggulan UMeetMe, besaran konsumsi data (bandwith) yang dibutuhkan bersifat customable atau adaptif. Aplikasi ini dapat tetap berjalan di koneksi data rendah (minimal 50 kbps) dan maksimal di bandwith tinggi yang menghasilkan resolusi high definition. Selain dapat diakses melalui PC, UMeetMe juga dapat diakses melalui perangkat smartphone dan tablet yang sistem operasinya Android ataupun iOS.

Lewat komunikasi video conference, menurut GM Smart Solution Ecosystem Divisi Solution Convergence Telkom Siswanto Dasijo, penduduk desa pun bisa mengembangkan desanya jadi mandiri dengan saling mengkomunikasikan produk UKM kepada masyarakat luas. Di bidang pendidikan, bisa dilakukan pengobatan jarak jauh apalagi dokter spesialis selama ini hanya ada di kota-kota besar saja. Bahkan UMeetMe dapat digunakan bidang pertahanan dan keamanan seperti mengimplementasikan IP Camera di wilayah perbatasan, pulau-pulau terluar, dan terpencil di Indonesia.

Sumber : tribunnews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami