5 Tips Lepaskan Diri Dari Tekanan Bos dan Pekerjaan
Sumber: Pak101.com

Career / 1 October 2014

Kalangan Sendiri

5 Tips Lepaskan Diri Dari Tekanan Bos dan Pekerjaan

Lori Official Writer
11825
Tak sedikit para pekerja yang mungkin mengalami tekanan pekerjaan lantaran mendapat tekanan besar dari atasan. Mungkin Anda adalah diantaranya! Berdasarkan polling Gallup yang dirilis tahun lalu, sebanyak 70 persen dari responden mengaku benci dengan pekerjaan atau merasa tak nyaman bekerja lantaran mendapat bos yang menyebalkan.

Studi lainnya membuktikan bahwa para pekerja tak menikmati pekerjaannya karena kehilangan tantangan atau tak dihargai oleh managemen kantor, dan mereka kewalahan dengan tugas-tugas yang dibebankan saat bekerja di tengah lingkungan demikian.

Meskipun Anda mungkin tak mendapat bos atau manajer yang sesuai dengan harapan, Anda masih akan tetap mampu melepaskan diri dari berbagai tekanan dalam pekerjaan tersebut dengan cara menerapkan langkah sederhana ini.

# Jangan biarkan bos mendikte seluruh pengalaman kerja Anda.

Bila Anda merasa tak nyaman dengan interaksi dengan atasan, kurangilah hubungan Anda dengan bos Anda tersebut. Namun jangan biarkan perasaan negatif Anda menguasai diri Anda sepenuhnya. Fokuskan perhatian Anda pada rekan-rekan yang mungkin lebih mengenal bos Anda. Mereka dapat anda jadikan sebagai sumber informasi untuk dapat menyelami lebih dekat tentang pribadi dari bos Anda.

# Bicaralah pada waktu yang tepat

Sulit mungkin mengetahui kapan waktu yang tepat untuk bicara dengan bos Anda dan kapan harus meminta kesepakatan dengan bos Anda. Jika Anda merasa dimanfaatkan atau tertekan dengan segudang target kerja, maka ambillah waktu untuk berbicara empat mata dengannya. Lalu utarakan segala kendala yang Anda alami dan minta saran yang darinya agar Anda dapat meningkatkan potensi kerja Anda secara maksimal. Dia akan sangat menghormati Anda dan menganggap bahwa Anda adalah pribadi yang dewasa dalam menghadapi masalah.

# Jaga kualitas kerja dan lebih bertanggung jawab pada pekerjaan

Jika Anda masih menemukan bahwa semua hasil kerja Anda masih buruk, maka evaluasi kembali diri Anda. Mengevaluasi diri berarti membuka diri untuk mau dibentuk dan tak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

# Mencari yang lebih baik

Singkirkan kekecewaan Anda dang anti menjadi motivasi. Tak ada salahnya bila Anda mencari pekerjaan yang lebih menantang. Sebab Anda akan hanya menabung rasa stress dan tekanan bila harus memaksakan diri mengerjakan pekerjaan yang tak lagi memberi kebahagiaan dan rasa nyaman. Anda berhak menyukai pekerjaan dan atasan Anda.

# Cari pengalaman baru di luar pekerjaan

Bila atasan tampaknya menjadi seumber rasa frsutrasi Anda dalam pekerjaan, maka cobalah mencari pengalaman baru di luar pekerjaan. Daftarkan diri Anda di salah satu kelas kursus yang dapat menambah skill Anda. Misalnya, kursus senam atau renang, seni yang mampu merelaksasikan pikiran Anda dari tekanan pekerjaan.        

Jangan biarkan pekerjaan menguasai kehidupan Anda! Hadapi setiap masalah itu dengan pandangan yang bijak demi mencapai solusi yang baik. Anda dapat menikmati kebahagiaan bila Anda benar-benar dapat mencintai apa yang Anda lakukan dan dengan siapa Anda kerap berinteraksi.

Sumber : Cosmopolitan.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami