7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Daur Ulang

Investment / 29 July 2014

Kalangan Sendiri

7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Daur Ulang

Theresia Karo Karo Official Writer
8743

Bisnis dengan modal murah dan ramah lingkungan? Kenapa tidak mencoba bisnis daur ulang? Bisnis yang mengusung tema Go Green ini selain memperoleh keuntungan, juga dapat ramah lingkungan. Mulai dengan sampah, ya benar sampah. Selama setahun terdapat 750 ton sampah yang dibuang, bila dihitung per orang membuang sampah hingga 2 kg per harinya. Anda bisa dengan mudah mendapatkan sampah kertas, botol, plastik ataupun sisa makanan untuk didaur ulang kembali dengan mudah. Berikut langkah memulai bisnis daur ulang ini. 

Tentukan Jenis Daur Ulang

Pastinya yang menjadi langkah awal adalah anda harus tahu apa yang akan anda daur ulang, apakah itu kertas atau pakaian atau barang rumah tangga. Tetapkan jenis daur ulang yang anda sukai dan pastinya yang menurut anda paling menguntungkan.

Sesuai Kebutuhan

Mulai cermati lingkungan sekitar anda, apakah barang yang akan anda buat sesuai dengan kebutuhan pasar. Langkah nyatanya adalah dengan memperhatikan kebutuhan lingkungan sekitar, apa yang paling sering dibutuhkan. Setelah itu carilah konsumen yang akan membeli barang-barang Anda. Jika produk daur ulang adalah alat rumah tangga atau aksesoris, dekatilah orang yang memiliki green lifestyle.

Susun Rencana

Setelah anda mantap dengan ide, lanjut dengan membuat rencana bisnis. Hal ini dimulai dengan modal, investasi, strategi, operasional hingga pemasukan dan pengeluaran.

Daftarkan di Pemerintah

Daftarkan perusahaan kecil anda ini kepada pemerintah daerah. Bila beruntung anda mungkin akan mendapat dana tambahan mengingat bisnis ini adalah bisnis ramah lingkungan. Sehingga dapat menambah modal dan mengorganisir usaha lebih baik lagi. 

Fokus Pada Tujuan

Anda harus ingat tujuan berbisnis adalah untuk mencukupi kebutuhan dan investasi di masa depan. Jadi jangan lupa untuk terus merancang strategi agar pemasukan meningkat.

Tempat Usaha dan Pekerja

Untuk mengurangi modal awal, rumah bisa jadi pilihan tempat yang pas. Pilihlah tempat yang sesuai untuk bisnis daur ulang. Ajak teman Anda yang memiliki visi sama untuk memulai bisnis tersebut. Anda bisa juga mempekerjakan orang-orang di sekitar rumah untuk membantu.

Sumber Bahan

 Untuk mencari bahan daur ulang, ajaklah tetangga untuk berpartisipasi. Selain itu anda bisa juga memanfaatkan sosial media atau selebaran tentang tempat mekanisme pengumpulan sampah atau barang bekas

Bisnis daur ulang tidak hanya membuat masa depan keuangan Anda lebih cerah, tapi juga membuat lingkungan yang Anda tinggali lebih indah. Yang paling utama adalah kreativitas selalu menjadi kunci utama dalam mendatangkan peluang usaha. Selamat berkreasi!


Sumber : Brighterlife.co.id by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami