Hong Kong Rayakan Imlek Tanpa Ayam
Sumber: Viva.co.id

Nasional / 30 January 2014

Kalangan Sendiri

Hong Kong Rayakan Imlek Tanpa Ayam

Lori Official Writer
6285

Imlek tahun ini tampaknya akan dirayakan oleh negara Hong Kong tanpa menu hidangan ayam. Sebanyak 20 ribu ayam dimusnahkan pada Senin (27/1) kemarin, ini menyebabkan langkanya penjualan ayam menjelang perayaan Imlek pada 31 Januari besok.

Penyebaran virus flu burung H7N9 ini ditemukan pada daging unggas yang diimpor dari China daratan. Virus ini telah menjangkiti sebanyak 102 warga China dan 22 diantaranya telah meninggal dunia. Dugaan ini semakin diperkuat setelah digelarnya tes kesehatan dan mengungkapkan bahwa unggas-unggas tersebut positif terinfeksi H7N9. 

“Departemen kesehatan telah mengkorfirmasi bahwa sample ayam impor tersebut dinyatakan positif H7N9,” kata Menteri Kesehatan Hong Kong Ko Wing-man, seperti dilansir Tempo.co, Rabu (29/1).

Satu minggu menjelang Imlek, pemerintah terpaksa melarang pedagang ayam membeli ayam dari peternak di China daratan. Pasar-pasar unggas pun terpaksa ditutup selama 21 hari ke depan hingga proses disinfeksi atau pemusnahan virus selesai.

Untuk diketahui, sejak tahun 2013 virus ini sudah mulai merebak di Hong Kong. Sebanyak dua orang warga yang positif terinfeksi virus flu burung telah meninggal dunia. Dengan itu, masyarakat Hong Kong harus merayakan Imlek tanpa tradisi membeli ayam hidup untuk diolah sebagai menu makanan Imlek. Ayam yang telah dibekukan, menjadi pilihan pengganti.


 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Longsor Jombang Telan 7 Korban Jiwa

Edy Suandi Hamid : 'Caleg' Rentan Stres Pascapemilu

Merpati Perdamaian Vatikan Diserang Gagak dan Camar

Kerinduan Menjadi Mitra CBN Akhirnya Terwujud

Tragis, Milisi Bersenjata Habisi 22 Jemaat Gereja Nigeria

Sumber : Tempo/Viva/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami