Share this article :

Inilah Profil Singkat Paulo Sitanggang, Pemain Timnas U-19 2013

 Tue September 24th, 2013
 16808

Sekitar dua bulan lalu mungkin tidak banyak publik bola di Indonesia yang mengenal sosok para pemain tim nasional U-19 yang berlaga di Piala AFF U-19 2013. Namun, sejalan dengan kemenangan demi kemenangan yang mereka berikan di AFF U-19 2013 dan permainan berkelas yang mereka tunjukkan di lapangan hijau, masyarakat di tanah air mulai melirik satu per satu skuad Garuda Muda asuhan di Indra Sjafri ini.

Satu diantara 20 nama yang memperkuat Garuda Muda adalah Paulo Oktavianus Sitanggang. Pria berdarah batak ini merupakan gelandang yang cukup banyak berkontribusi dalam membawa Indonesia ke final Piala AFF U-19 2013.

Kecintaan Paulo terhadap olahraga si kulit bundar sudah terlihat sejak kecil. Mengetahui memiliki minat yang tinggi, pria kelahiran 17 Oktober 1995 tersebut pun dimasukkan orangtuanya ke sekolah sepak bola di SSB Kurnia Medan. Tidak lama setelah itu, ia memutuskan untuk berlatih di SSB yang dipimpin ayahnya sendiri yakni di Surya Putra Mariendal Medan.

Pada 2011, Paulo mengikuti seleksi All Star Team Challenge yang digelar oleh AC Milan Junior Camp. Hasilnya, ia masuk ke dalam daftar 18 pesepakbola muda yang dibawa ke San Siro, Milan.

Meski dinyatakan lolos, ia gagal ke Negeri Italia karena mengalami cedera jelang dikirim. Tempatnya akhirnya terpaksa diganti oleh Maulid, wakil dari Balikpapan.

Paulo tidak patah arang. Ia terus berlatih. Bahkan untuk menggapai cita-cita menjadi pesepakbola profesional di luar negeri, saat kelas 2 SMA, ia meninggalkan kota asal dan merantau ke Jember, Jawa Timur. Di kota ini, ia bergabung bersama Jember United.

Ketika ada seleksi tim nasional U-19 beberapa bulan lalu, Paulo pun ikut serta. Indra Sjafrie selaku kepala pelatih ternyata memasukkan namanya sebagai salah satu dari 20 pemain yang dibawa ke turnamen AFF U-19 2013.

Menurut Indra Sjafri, Paulo Sitanggang merupakan pemain bertalenta. Namun, ia melihat anak asuhnya itu perlu semakin matang agar bisa bersaing di level lebih tinggi.

"Saya yakin, dia akan menjadi personel timnas Indonesia di masa depan," ucap Sjafri.

Jalan Paulo Oktavianus Sitanggang menuju sebagai pemain sepak bola profesional masih panjang. Tetapi, kita harus percaya dengan ketekunan berlatih dan kerendahan hati ia bisa mewujudkan impiannya itu.


Baca juga :

PSSI Siapkan Timnas U-19 Untuk SEA Games 2017

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Ahli Segala Hal

Susu Kedelai, Cocok Dikonsumsi untuk Cegah Kanker dan Bantu Diet

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)  

Johnny Harjantho, Sukses Bangun Bisnis di Singapura Dari Nol

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :