Share this article :

Piala Konfederasi 2013 : Profil Timnas Jepang

 Sun June 9th, 2013
 2019

Piala Konfederasi 2013 adalah turnamen yang diikuti oleh tim nasional Jepang untuk kelima kalinya. Jika membandingkan dengan negara-negara dari benua Asia yang lain maka pasukan Samurai Biru merupakan timnas yang paling sering tampil di kompetisi ini.

Hadir sebagai pemenang Piala Asia AFC 2011 dan tim pertama yang lolos ke Piala Dunia 2013, Jepang diprediksi dapat menjadi kuda hitam Piala Konfederasi 2013. Bukan sesuatu yang mustahil Nippon Daihyo mengulang prestasi yang mereka buat di tahun 2001 silam.

Pemain Bintang

Dari 23 pemain yang dibawa oleh pelatih Alberto Zaccheroni, Keisuke Honda dan  Shinji Kagawa merupakan dua nama yang pantas berada di dalam kategori pemain bintang timnas Jepang. Seperti diketahui, Honda memiliki ketajaman dalam mencetak gol, penguasaan bola yang baik, dan pengalaman berlaga di kompetisi liga di luar negara asalnya.

Sementara, Shinji Kagawa telah membuktikan di Manchester United sebagai penyuplai-penyuplai bola dan perusak pertahanan tim lawan. Membebaskan kedua pemain ini saat berada di lapangan hijau maka itu bakal menjadi bencana bagi musuh yang dihadapi Jepang.   

Kekuatan Tim

Timnas Jepang terkenal dengan jiwa pantang menyerahnya. Selama 90 menit lebih, para pemain dapat bertahan dan meladeni permainan lawan-lawan tim mereka. Selain itu, kekuatan yang ada di Jepang adalah konsistensi dalam bermain secara kolektif (tim).

Walau beberapa anggota timnas bermain di tim besar Eropa, tetapi mereka selalu mampu menyingkirkan keegoan pribadi dan lebih mengutamakan hasil positif secara tim.

Kelemahan Tim

Sebenarnya Jepang tidak ada masalah bertemu dengan tim mana pun, cuma pada umumnya Jepang bakal keteteran dan lengah bila diserang terus menerus oleh lawan. Dengan kata lain, ingin menang dari Jepang ? kurunglah mereka selama pertandingan berlangsung.

Pelatih

Alberto Zaccheroni

Susunan skuad Brazil:

Kiper: Eiji Kawashima (Standard Liege), Shusaku Nishikawa (Sanfrecce Hiroshima), Shuichi Gonda (FC Tokyo)

Belakang: Yasuyuki Konno (Gamba Osaka), Yuzo Kurihara (Yokohama F. Marinos), Masahiko Inoha (Jubilo Iwata), Yuto Nagatomo (Inter), Atsuto Uchida ( Schalke 04), Maya Yoshida (Southampton), Hiroki Sakai (Hannover 96), Gotoku Sakai (VfB Stuttgart)

Tengah: Yasuhito Endo (Gamba Osaka), Kengo Nakamura (Kawasaki Frontale), Makoto Hasebe (Wolfsburg), Hajime Hosogai (Bayer Leverkusen), Keisuke Honda (CSKA Moscow), Hideto Takahashi (FC Tokyo)

Depan: Ryoichi Maeda (Jubilo Iwata), Shinji Okazaki (Stuttgart), Mike Havenaar (Vitesse), Takashi Inui (Eintracht Frankfurt), Shinji Kagawa (Manchester United), Hiroshi Kiyotake (FC Nurnberg)


Baca juga :

Profil Singkat Kontestan Piala Konfederasi 2013 (1)

Kisah Nyata Evalia Novita, Wanita yang Dikejar-Kejar Utang

Thread Forum JC : Jadilah "Provokator" Komentar yang Positif dan Inspiratif ! (Lomba) 

Nick Friedman, Awali Bisnis Waralaba di Kampus   

Thread Forum JC : Pemain Sepakbola Favorit JCers

Paris Jackson Lakukan Aksi Percobaan Bunuh Diri

Sumber : goal.com, jawaban.com / budhianto marpaung

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :