Share this article :

Susunan Acara Hut DKI Jakarta ke-486

 Fri June 21st, 2013
 3984

Di hari ulang tahun Jakarta ke-486 ini, ada beberapa acara yang sudah disiapkan untuk disajikan kepada masyarakat Jakarta. "Kita ada 15 kegiatan untuk puncak ulang tahun nanti," ujar Ketua Panitia Sylviana Murni di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan. Apa saja acaranya? Ini beberapa di antaranya :

Apel Upacara Spesial HUT DKI

Pada 22 Juni 2013 nanti pukul 07.30 WIB, apel pun akan dimulai di Plaza Selatan Monas. Yang unik dari upacara yang akan dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo ini adalah setiap peserta upacara harus menggunakan pakaian khas Betawi yakni jas ujung serong untuk lelaki dan kebaya encim untuk wanita.

Rapat Paripurna DPRD Jakarta

Menyusul apel pagi, rapat pun diagendakan dimulai pukul 09.30 WIB di gedung DPRD Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Rencananya rapat ini akan dihadiri Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi.

Monorail Exhibition

Acara ini dilakukan di bilangan Monas dimana akan dipajang replika monorail di sisi Timur Silang Tenggara Monas sejak pukul 16.00 WIB.

Jakfox 2013

Di sini dikhususkan bagi pecinta teknologi dimana akan ada berbagai workshop, lomba, dan pameran yang dibuat di lapangan IRTI Monas. Jakfox 2013 akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 23 Juni 2013.

Malam Puncak HUT

Pada pukul 19.30 WIB, dimulailah malam puncak HUT Jakarta dengan pemotongan tumpeng di Balai Kota Jakarta. Sebanyak 486 tumpeng berukuran normal serta sebuah tumpeng raksasa berukuran 4,86m x 4,86m akan diarak dari Balaikota menuju Bundaran HI. "Pak Jokowi akan naik ke tumpeng raksasa ini dan melakukan pemotongan tumpeng di atas," ujar Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov DKI ini. Tumpeng pun kemudian dibagikan kepada warga DKI yang menonton acara ini. Selama arak-arakan berlangsung, Transcorp akan menghibur masyarakat di sisi silang tenggara Monas yang berdekatan dengan stasiun Gambir.

Karnaval Musik dan Budaya Khas Betawi

Acara ini dimulai pada 20.00 WIB dengan mengangkat tema "Karnaval Budaya Kota Jakarta Tempo Dulu, Masa Kini, dan Masa Depan" yang juga akan dimeriahkan oleh artis-artis ibukota.

Malam Muda Mudi atau Jakarta Nite Festival

Semakin larut, acara inipun digelar yang dimulai di sepanjang jalan MH Thamrin sampai Bundaran HI. "Pokoknya sasarannya ya muda-mudi, ya masyarakat yang mau datang silahkan saja," ujar Sylvi lagi. Delapan panggung musik akan menghibur warga mulai dari musik tradisional, dangdut, disko, campur sari, blues, jazz hingga rock and roll.

Lomba Lari "Jakarta International 10 K"

Keesokan harinya, Minggu (23/6) akan digelar lomba lari yang akan diikuti ribuan peserta. "Rutenya dari silang Monas, MH Thamrin lanjut ke Sudirman lalu akan mutar di terowongan Semanggi dan finish di silang barat daya Monas," jelas Sylvi.

Drama Tari Ariah

Rangkaian HUT DKI masih berlanjut di tanggal 28 – 30 Juni 2013 dengan menggelar drama tari Ariah di area selatan Monas, Jakarta. "Drama musical ini menceritakan tentang perjuangan wanita Betawi untuk mempertahankan martabat dan kehormatannya," ucap Sylvi.

Jakarnaval

Pada 30 Juni acara yang paling unik ini akan dilaksanakan mulai Minggu sore dengan mengusung konsep "Keajaiban Ondel-Ondel". Ratusan siswa se-Jakarta akan berparade memamerkan hasil transformasi ondel-ondel versi mereka. Acara ini juga mengundang sejumlah daerah seperti Magelang, Kutai, Jember, Solo, dan Subang untuk melakukan karnaval. Rencananya, Jokowi pun akan ikut berparade dengan menunggangi kuda.

Selama kegiatan yang dilaksanakan positif, tentunya akan menjadi kesukaan sendiri pada masyarakat Jakarta. Karena itu, tentunya kita perlu dukung dan lestarikan kebudayaan dan festival yang menyenangkan tersebut.

 

Baca juga :

Ga Perlu Oven, Ini Resep Roti Goreng Tape Cokelat

Perbedaan Orang Kaya dan Orang Miskin

Anak Sering Bertengkar? Ini Solusinya

Do and Don't Untuk Jerawat

Memberi Bagi Bangsa, Bisa Lewat Media Lho

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :