Share this article :

Hanya 133.604 Siswa Yang Lulus SNMPTN 2013

 Tue May 28th, 2013
 1927

Setelah pada Jumat (24/5) lalu hasil ujian nasional Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Kejuruan (SMK) diumumkan, maka pada Senin (27/5) lalu diumumkan secara resmi siswa yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Menurut berita yang dirilis www.itb.ac.id, dari 765.531 peserta yang mendaftar SNMPTN 2013, hanya 133.604 orang yang diterima menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
Untuk ditahun 2014, sistem SNMPTN kemungkinan akan tetap diterapkan tetapi akan dikaji ulang terlebih dahulu.

"Kami akan terus mengkaji sistem seperti apa yang akan diterapkan di tahun depan, tapi kemungkinan untuk menerapkan sistem seperti tahun ini sangat besar. Kami juga ingin sistem yang terbaik untuk pendidikan di Indonesia," demikian pernyataan  Prof. Dr. Bambang Cipto, M.A, Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang juga Wakil Ketua Panitia SNMPTN 2013.

Untuk jumlah siswa yang lulus seleksi pada tahun 2013 ini jumlahnya meningkat 150.19% jika dibandingkan dengan data tahun 2012 dimana hanya 50.401 siswa yang diterima.

Bagi peserta yang lulus SNMPTN 2013 diwajibkan untuk melakukan verifikasi sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi. Jika siswa telah lolos verifikasi, baru siswa dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru diperguruan tinggi tersebut. Untuk pengumuman hasil  SNMPTN 2013, siswa dapat mengakses langsung melalui laman www.snmptn.ac.id.

Saat ini masyarakat Indonesia yang bisa mencicipi bangku kuliah masih sangat kecil, mengingat mahalnya biaya pendidikan tinggi yang ada. Menurut pernyataan Menko Perekonomian Hatta Rajasa, hanya tujuh persen masyarakat yang bisa mengenyam pendidikan tinggi di universitas. Tentunya jumlah tersebut sangat kecil jika Indonesia ingin mencetak masyarakat Indonesia yang berkualitas. Karenanya pemerintah harus memikirkan agar akses  pendidikan tinggi lebih terjangkau oleh masyarakat sehingga generasi muda Indonesia kedepan memiliki kompetensi yang tinggi dan dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Baca juga artikel lainnya :

Sekolah Kristen Ini Umumkan Kelulusan Ujian Nasional di Gereja

Hari Pengumuman Kelulusan, Joko Widodo Blusukan Ke Sekolah

Ribuan Siswa Tak Lulus UN di Sumater Utara

Ciptaan Baru

6 Makanan dan Minuman Sehat Untuk Lawan Alzheimer

Tuhan Menolong Mamaku Sembuh Dari Komplikasi Diabetes dan Stroke!

Sumber : Itb.ac.id | Snmptn.ac.id | Okezone.com | Puji Astuti

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :