Share this article :

Gizi dan Nutrisi Yang Diperlukan Penderita Lupus

 Mon May 13th, 2013
 6202

Departemen Kesehatan Republik Indonesia memperkirakan ada sekitar 1,5 juta penderita penyakit Lupus di negeri ini. Penyakit Lupus adalah penyakit yang menyerang daya tahan tubuh, juga jaringan tubuh yang sehat. Hal ini menyebabkan penderita mengalami peradangan, pembengkakan dan kerusakan organ tubuh seperti darah, sendi, kulit, ginjal, jantung dan paru-paru.

Dipastikan bahwa tidak ada makanan yang memicu penyakit Lupus atau yang dapat menyembuhkannya. Namun karena penyakit ini menyerang kekebalan tubuh, maka nutrisi yang baik sangat penting dalam perawatan penderita penyakit ini secara keseluruhan.

Secara umum, penderita Lupus disarankan menjaga diet yang seimbang termasuk banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan juga biji-bijian. Selain itu juga perlu mengkonsumsi protein secukupnya seperti daging sapi, unggas dan ikan yang mengandung minyak omega.

Lupus adalah penyakit yang menyebabkan peradangan, untuk itu jika salah memilih makanan dapat memperburuk kondisi peradangan. Sebaliknya disarankan makanan-makanan yang mengandung anti-inflamasi seperti omega-3, yaitu ikan, kacang-kacangan, biji rami, minyak canola, dan minyak zaitun.

Makanan yang menyebabkan peradangan adalah makanan yang mengandung minyak jenuh dan harus dihindari. Berikut adalah makanan yang mengandung minyak jenuh: gorengan, makanan yang dipanggang, sup krim dengan saus, daging merah, lemak hewan, daging olahan, produk susu tinggi lemak, keju, mentega dan es krim. Yang perlu diingat adalah makanan yang mengandung asam amino akan merangsang sistem kekebalan tubuh dan membuat peradangan pada penderita Lupus. Bawang putih adalah salah satu sumber makanan yang patut diwaspadai karena hal ini.

Kebutuhan nutrisi sangat penting bagi penderita Lupus, terutama agar tulang dan otot kuat. Salah satunya karena obat-obatan yang dikonsumsi dapat membuat penderita mengalami osteoporosis, kondisi ini membuat tulang mudah patah. Untuk itu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi, namun pilihlah yang rendah lemak atau bebas lemak. Pilihannya bisa meliputi :

  • 1% atau susu skim
  • Rendah lemak, rendah sodium yogurt
  • Keju rendah lemak

Jika Anda tidak dapat minum susu, alternatif terbaik bisa berupa :

  • Susu bebas laktosa
  • Susu Kedelai
  • Susu Almond
  • Jus yang diperkaya dengan kalsium dan vitamin D
  • Sayuran hijau juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik.

Diet yang tepat dapat juga membantu penderita Lupus untuk mengatasi efek samping dari obat yang dikonsumsi. Contohnya diet rendah sodium dapat mengurangi retensi (penahanan) cairan dan menurunkan tekanan darah.

Diet tinggi asam folat dengan mengkonsumsi sayuran hijau, buah-buahan dan ditambah roti serta sereal baik bagi penderita yang mengkonsumsi metotreksat (Rheumatrex). Jika penderita sering mual karena obat, maka disarankan makan makanan kecil yang mudah dicerna seperti sereal kering, roti dan biskuit. Juga hindari makanan berminyak, pedas dan asam.

Seperti yang diingatkan diawal bahwa makanan bukanlah penyebab serangan Lupus dan tidak juga bisa menyembuhkan penyakit ini. Namun dengan memilih makanan yang tepat dapat membantu penderita untuk bisa hidup dengan kualitas yang lebih baik. Untuk Anda yang menderita penyakit ini, jangan pernah putus asa, selalu memiliki pengharapan, karena penyakit ini bukanlah akhir kehidupan, tetapi sebuah tantangan yang harus ditaklukan dengan penuh semangat.

Baca juga artikel lainnya :

Gizi Kurma dan Kehamilan

Perspektif yang Benar Mengenai Amanat Agung

Berjalan Di Atas Tali

3 Ciri Anda Lagi Diperbudak Pacar Anda

Liga Champions

Tuhan Menyediakan Biaya Persalinan Saya!

Sumber : webmd.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :