Share this article :

Akil Mochtar, Ketua MK Yang Baru Pengganti Mahfud MD

 Wed April 3rd, 2013
 1445

Setelah Mahfud MD menyelesaikan masa jabatannya pada 1 April 2013 lalu, akhirnya hari ini penggantinya terpilih setelah melalui sistem voting yang berjalan cukup alot. Sosok pengganti Mahfud tersebut adalah Akil Mochtar, dirinya berhasil mengantongi 7 suara dan menyingkirkan 8 kandidat hakim lainnya.

"Hasil pemilihan Ketua MK jatuh pada Pak Akil Mochtar yang memperoleh tujuh suara, sedangkan Pak Haryono mendapat dua suara. Dengan ini sah bapak Akil sebagai ketua MK periode 2013-2015," demikian pernyataan Pimpinan Sidang, Ahmad Sodiki yang kemudian mengetok palu tanda sah di Gedung MK, Jakarta Rabu (3/4).

Pemilihan Ketua Hakim MK yang dilakukan dengan cara voting tersebut  berlangsung hingga tiga putaran. Pemilihan Ketua Hakim MK tersebut diikuti oleh sembilan kandidat hakim: Akil Mochtar,Arief Hidayat, Hamdan Zoelva, Ahmad Sodiki, Maria Farida Indarti, Muhammad Alim, Fadlil Sumadi, Anwar Usman dan Harjono. Di putaran pertama dan kedua nama Harjono, Akil Mochtar, Hamdan Zoelva dan Arief Hidayat mencuat. Dan di putaran ketiga Akil mendapatkan suara terbanyak, yaitu 7 suara. Selanjutnya Akil Mochtar akan menjabat sebagai Ketua MK selama dua tahun enam bulan.

Akil Mochtar sendiri menjanjikan bahwa institusi yang akan dipimpinnya itu dapat berjalan sebagai lembaga yang independen dan dapat memberikan kinerja yang baik. Selamat bertugas Pak Akil, semoga dengan kepemimpinannya segala masalah berkaitan dengan sistem ketatanegaraan dan perundang-undangan dapat diselesaikan dengan baik dan adil.

Baca juga artikel lainnya :

Tokoh Lintas Agama Adukan Kasus Blitar ke Ketua MK

5 Makanan Yang Dapat Menurunkan "Kolestoral Jahat"

Wanita Pertama Yang Melihat Yesus Bangkit

Cara Didik Anak Meski Tinggal Berjauhan

Kunci Sukses Mengelola Keuangan dan Bebas Dari Rentenir!

Sumber : JPNN.com | Puji Astuti

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :