Share this article :

Sekum PGI Himbau Umat Beragama Hidup Toleran

 Wed February 27th, 2013
 1264

Menanggapi kehidupan umat beragama di Indonesia yang saat ini banyak disorot oleh dunia internasional mengenai toleransi, Sekum PGI Pdt. Gomar Gultom menghimbau agar seluruh umat beragam di Indonesia mau kembali menggali nilai luhur bangsa Indonesia untuk persatuan di masa depan.

"Kita menghimbau pada semua umat baik Kristen maupun Muslim ataupun apapun agama di Indonesia, baiklah kita sekarang menggali kembali nilai nilai luhur dari bangsa ini. Yaitu bangsa yang damai, yang toleran satu sama lain, yang bisa mengatasi berbagai perbedaan," kata Gomar kepada Jawaban,com di Sekretariat ICIS Jakarta, Selasa (19/2).

Gomar juga mempertanyakan komitmen berbangsa dan bernegara bagi setiap umat beragama di Indonesia yang hidup ditengah kompleksnya perbedaan. "Pertanyaan kita sebagai bangsa Indonesia adalah apakah kita masih mau dan mampu untuk hidup berdampingan ditengah perbedaan. Menolak umat yang berbeda, beribadah di lingkungannya itu menandakan bahwa kita tidak mampu lagi hidup berdampingan ditengah perbedaan," tegasnya.

Terakhir, Gomar menghimbau juga kepada pemerintah untuk lebih dini menanamkan kehidupan yang toleran ditengah keberagaman umat di Indonesia. "Dan menindak dengan tegas segala upaya yang ingin menghancurkan sendi-sendi kebangsaan kita ini. Saya kira tugas pemerintah untuk keras secara hukum kepada orang-orang yang merusak sendi-sendi kebangsaan kita yaitu kemajemukan dan toleransi," pungkasnya.

 

 

 


Sumber : Jawaban.com - Daniel Tanamal

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :