Survei Pilkada Jabar : Aher - Deddy Mizwar Teratas

Nasional / 22 February 2013

Kalangan Sendiri

Survei Pilkada Jabar : Aher - Deddy Mizwar Teratas

daniel.tanamal Official Writer
3728

Pemilihan Umum Kepala Daerah Jawa Barat (Pilkada Jabar) akan berlangsung dua hari lagi, namun persaingan diantara calon terutama dalam survei begitu memanas. Hasil dari Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) pada Kamis (22/2) kemarin menunjukan bahwa pasangan Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar teratas.

"Jika melihat hasil survei tanggal 2 sampai 7 Februari 2013, dapat diketahui pasangan A Heryawan dan Deddy Mizwar memperoleh 30,80 persen," jelas Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yazid, di Hotel Ibis, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/2). 

Sementara itu pasangan Dede Yusuf dan Lex Laksamana menjadi pesaing terberat Aher - Deddy Mizwar dengan 27,04 persen dan menempati posisi kedua. Diikuti oleh Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki 18,4 persen, Irianto MS Safiuddin-Tatang Farhanul 15,2 persen dan terakhir Dikdik M Arif-Cecep NS Toyib 1,76 persen.

Satu fakta yang menarik adalah, efektivitas naiknya suara Aher diakibatkan oleh daya pikat Deddy Mizwar yang melekat di kalangan masyarakat Jawa Barat. "Aher sangat terbantu dari daya magnet Deddy Mizwar yang sudah terlanjur melekat di masyarakat. Apalagi 65 persen pemilih di Jawa Barat berada di pedesaan. Nah, masyarakat melihat tokoh religius ini ada di Deddy Mizwar melalui film-filmnya," ujarnya. 

Satu-satunya calon gubernur perempuan yang ikut dalam Pilkada ini Rieke Dyah Pitaloka mengaku akan terus berjuang dan tidak mempermasalahkan hasil survey. "Ya nggak apa-apa, mau bagaimana lagi?. Ya berjuang saja. Mau bagaimana lagi? Pasang iklan nggak bisa, bikin survei nggak ada dana," katanya di Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Berikut adalah hasil survei elektabilitas cagub Jabar versi Puskaptis (17-19 Februari 2013):

1. Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar: 32,79 persen
2. Dede Yusuf-Lex Laksamana: 28,39 persen
3. Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki: 16,62 persen
4. Irianto MS Syafiuddin (Yance)-Tatang Farhanul Hakim: 14,17 persen
5. Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib: 0,97 persen

*Swing voters: 7,05 persen

 


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami