Topic :
Sea Games 2013
Share this article :

Serba-Serbi SEA Games 2013, Dari Maskot Sampai Olahraga

 Sat November 30th, 2013
 3624

SEA Games 2013 akan dibuka tidak lebih dari dua minggu lagi. Jika pada SEA Games sebelumnya, penyelenggaraan dilakukan di Indonesia, maka SEA Games ke-27 ini diselenggarakan di Naypyitaw, Myanmar. Apa yang menjadi ciri khas dari SEA Games kali ini? Mari kita simak berikut ini.

Maskot Burung Hantu

Terlihat bahwa ada dua burung hantu yang saling berpegangan tangan dan menyatakan kemenangannya karena meraih medali emas yang ada di leher mereka masing-masing. Itulah mascot SEA Games 2013 ini.

Burung hantu secara global mengambarkan kebijaksanaan, tenang, dan keseimbangan. Di Myanmar juga dipercaya sebagai peruntungan dan dapat membawa kesejahteraan dalam keluarga dimana boneka burung hantu ditempatkan. Gambaran kepribadian burung hantu inilah yang ingin dibawa dalam SEA Games 2013 agar tiap orang dan negara bekerjasama dengan baik, pertemanan, dan lebih saling pengertian satu sama lain.

Website Resmi

Dengan beralamat di mmseagames2013.com, website ini kental dengan gambar maskotnya yaitu burung hantu. Segala sesuatu dapat kita lihat di website ini, mulai dari cabang olahraga, jadwal, hasil pertandingan, ataupun pembelian tiketnya. Bahkan negara Myanmar pun dijelaskan secara terperinci.

Konsep yang Diusung

"Green, Clean and Friendship" adalah konsep yang diambil. Green atau hijau berarti penyegaran, otentik. Hijau juga dijadikan sebagai warna dominan dalam website resminya. Clean atau bersih berarti tranparan, punya pengertian yang lebih baik, dan berlaga dengan jujur. Friendship atau Pertemanan berarti kehangatan, teman yang lebih akrab, sama seperti gambar maskotnya.

Cabang Olahraga

Ada 35 cabang olahraga yang diselenggarakan di ajang SEA Games kali ini, yaitu renang, panahan, atletik, bulu tangkis, basket, biliar, boxing, kano, catur, binaraga, bersepeda, berkuda, sepak bola, futsal, golf, hockey, judo, karate, kempo, muay (tinju ala Thailand), pencak silat, dayung, chinlone (olahraga tradisional Myanmar yang terdiri dari tarian dan olahraga), berlayar, sepak takraw, menembak, tennis meja, taekwondo, perahu tradisional, bola voli, angkat besi, wushu, ilmu bela diri Vietnam (vovinam), dan petanque (olahraga melempar bola sedekat mungkin dengan cochonnet).

Negara yang Ikut Bertanding

Kali ini negara yang ikut bertanding di dalam ajang ini sebanyak 11 negara yang terdiri dari Myanmar, Indonesia, Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Olahraga yang dapat mempersatukan orang ataupun negara ini kita harapkan dapat membawa pertemanan yang lebih baik lagi. Kerja keras dan kesungguhan kiranya makin diperlihatkan sehingga yang menang benar-benar murni menang dan berasal dari tekadnya yang kuat.

 

Baca juga :

Menjadi Sahabat Bagi Pasangan : Suami Kepada Istri (2-end)

Mengapa Natal Jadi Sukacita Terbesar dalam Hidup?

Saat Orangtua Ikut Campur Ngurus Anak

Film Terbaik Tentang Kalkun : Free Birds

10 Cara Makan Fast Food Tapi Tetap Sehat

9 Pernikahan Artis Hollywood Tersingkat, Paling Lama 9 Hari Saja

Forum : Bakti Sosial 7 Desember 2013, Mau Ikutan?

Sumber : mmseagames2013.com by lois horiyanti/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :