Pengacara Kontroversial Kasus Perkosaan Akan Dicabut Izinnya

Nasional / 16 September 2013

Kalangan Sendiri

Pengacara Kontroversial Kasus Perkosaan Akan Dicabut Izinnya

daniel.tanamal Official Writer
4110

Akibat melontarkan pernyataan yang dianggap terlalu berlebihan dan juga memicu protes yang meluas, AP Singh penasehat hukum dua terdakwa kasus perkosaan yang menggegerkan India, kemungkinan akan dicabut izin praktiknya. Demikian dikatakan Asosiasi pengacara di ibukota India.

Kasus perkosaan itu sendiri terjadi tahun lalu dimana seorang mahasiswi diperkosa beramai-ramai, dipukuli, dan dilempar dari sebuah bus. Ia kemudian meninggal dunia ketika menjalani perawatan di Singapura. Dua terdakwa yang menjadi klien Singh sudah dinyatakah terbukti bersalah, dalam vonis yang dikeluarkan hari Jumat (13/09).

Seusai kedua kliennya divonis hukuman mati, dalam sebuah pernyataannya Singh justru menuduh korban melakukan seks pranikah dan keluar rumah pada malam hari dengan seorang pemuda. Dan dirinya mengatakan jika ia menjadi ayah mahasiswi itu, maka ia akan membakar hidup-hidup mahasiswi tersebut dan semua orang tua seharusnya mengikuti jejak dirinya.

Hakim sendiri telah mengatakan tindakan para terdakwa melukai perasaan seluruh rakyat India, dan menambahkan ketika angka kejahatan terhadap perempuan meningkat, pengadilan tidak bisa menutup mata atau membiarkan tindakan kejahatan keji seperti ini.

Atas pernyataan Singh, gelombang protes terjadi dan keberatan dari para pegiat dan pengacara wanita. Asosiasi pengacara di Delhi pun segera mengatakan izin praktik Singh akan dicabut bila Singh tidak meminta maaf.

Apapun profesi, jabatan dan kedudukan setiap orang, ketika dirinya tidak mampu mengekang mulut dari kata-kata yang tidak pantas dan tidak semestinya maka akan ada hukuman dan harga yang harus dibayar.

 

Baca Juga Artikel Lain :

Iran Nyatakan Tak Pernah Sangkal Holocaust

KPAI dan Kak Seto Digandeng Usut Kasus Anak Ahmad Dhani

Presiden Iran Ucapkan Selamat Tahun Baru Yahudi

Polisi Selamatkan Puluhan Anak Dari Sekte Keagamaan

Polisi Ringkus Preman Perusak Gereja

 


Sumber : Tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami