Waspada!Orang Jenius Rentan Terserang Skizofrenia Paranoid
Sumber: Lintas.me

Info Sehat / 11 August 2013

Kalangan Sendiri

Waspada!Orang Jenius Rentan Terserang Skizofrenia Paranoid

Lori Official Writer
13643

Bila Anda pernah menonton film yang berjudul “A Beautiful Mind”, maka pemeran John Nash didalamnya adalah ciri seorang pengidap skizofrenia paranoid. Penyakit yang tampak dari dirinya adalah adanya halusinasi dan delusi yang selalu menghantui. Film itu menggambarkan seorang John Nash ahli matematika jenius yang dalam kebiasaannya sebagai pribadi penyendiri, pemalu, rendah diri, introvert dan aneh.

Namun disamping itu, John jenius sangat membanggakan diri atas kepandaiannya. Dalam bidang pendidikan, John merupakan seorang yang arogan dan tidak ingin menyia-nyiakan waktunya untuk mempelajari sesuatu yang kurang penting. Hingga pada akhirnya dirinya mulai mengalami halusinasi dan delusi yang cukup parah. Baik kondisi interaksi sosial dan kehidupan rumah tangganya semakin kacau.

John dikisahkan mengalami berbagai ancaman dari khayalan yang ia ciptakan sehingga semakin membuatnya menjadi seorang yang aneh dan punya rasa takut yang besar. John divonis mengidap penyakit ini setelah dirinya diperiksa ke dokter. Dalam cerita ini, Josh terus berjuang untuk melawan penyakitnya dengan dukungan dan bantuan orang-orang terdekatnya.

Gambaran umum penderita skizofrenia terlukis nyata seperti yang dialami oleh John Nash.  Untuk lebih jelasnya, berikut gejala yang tampak dari seorang penderita Skizofrenia paranoid.

Timbulnya halusinasi, khayalan atau bayangan yang tidak tampak sering kali dialmai oleh penderita.Misalnya penderita sering mendengar suara-suara yang selalu memerintah mereka melakukan sesuatu.

Delusi, bagi penderita bayangan yang muncul cenderung bayangan negatif yang mampu membuat penderita mengalami perilaku agresif, kasar dan penyendiri.

Cemas, dalam hal ini penderita akan mengalami kecemasan yang tinggi atas banyak hal yang dianggap mengancam hidupnya. Rasa cemas ini umumnya timbul dari halusinasi dan delusi yang sudah semakin parah.

Mood tidak baik,penderita umumnya akan tampak pemurung dan menarik diri interaksi sosial. Penderita akan memilih diam dan berfikir sehingga tampak tidak menunjukkan aksi nyata. Biasnaya emosi-emosi yang ditunjukkannya seperti menjadi kasar dan penuh kemarahan.

Merasa penting, seperti sosok John Nash yang merasa sangat bangga dengan prestasi dan kepintarannya. Sehingga ia merasa yang terbaik dibanding yang lainnya.

Cenderung ingin bunuh diri, para penderita ini biasanya adalah orang-orang yang serasa tidak memiliki tujuan hiudp. Mereka lebih memilih untuk bunuh diri.

Dari gejala-gejala diatas, dipastikan hal itu merupakan jenis  penyakit skizofrenia paranoid. Bagi penderita ini, kesembuhan masih tetap bias terjadi.  Penderita boleh melkaukan berbagai hal berikut penggunaan obat-obatan, psikoterapi, rawat inap rumah sakit dan juga dukungan positif dari sekitar.

Melalui kisah John Nash,Anda telah mengetahui setiap tingkah laku berbeda dan aneh yang ditunjukkannya. Jadi waspadailah sejumlah gejala di atas. Bila Anda ternyata menemukan hal itu ada dalam diri Anda, segeralah melakukan pengobatan rutin. Sedangkan kunci untuk meminimalisir dampak buruknya adalah diri Anda sendiri, perjuangan Anda melawan halusinasi dan delusi dengan tetap fokus dan menjalin interaksi dengan lingkungan sosial.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Kasih dan Kepedulian Akan Bantu Pulihkan Penderita Skizofrenia

Jangan Dipasung, Penderita Skizofrenia Dapat Disembuhkan

Anda Mengidap Skizofrenia Jika Tanda-tanda ini Terjadi

Selangkah Lagi, Hendra/Ahsan Jadi Pemenang di Kejuaraan Dunia 2013

Grace Natalie & Abbas Yahya : Inspirasi dari Balik Kamera

Sumber : Meetdoctor.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami