Tersangka Pelaku Bom Boston, Dua Bersaudara Asal Chechnya
Sumber: reuters

Nasional / 20 April 2013

Kalangan Sendiri

Tersangka Pelaku Bom Boston, Dua Bersaudara Asal Chechnya

Puji Astuti Official Writer
3455

Tersangka pelaku bom Marathon Boston diduga kuat dilakukan oleh dua bersaudara yang telah berwarga negara Amerika Serikat asal Chechnya. Keduanya merupakan pengungsi Chechnya yang telah lama tinggal di Amerika namun baru setahun lalu resmi mendapatkan status kewarganegaraan.

Dua tersangka tersebut adalah Dzhokhar Tsarnaev berusia 19 tahun dan berhasil ditangkap dalam keadaan hidup, sedangkan kakaknya Tamerlan Tsarnaev berusia 26 tahun tewas dalam baku tembak dengan polisi di dekat kampus MIT, Boston, Massachussetts.

Dzhokar merupakan mahasiswa di Universitas Amherst di Massachutesetts. Remaja ini merupakan bintang dalam olahraga gulat dan atas prestasinya ia mendapatkan beasiswa sebesar $2.500. Walau dua bersaudara ini tinggal di Amerika, namun ayah dan ibunya tidak bersama mereka, tetapi tinggal di Rusia.

Ibu Tsarnaev bersaudara, Zuibenat Tsnayeva  tidak percaya bahwa kedua anaknya adalah pelaku bom Boston, menurut pernyataannya di media Rusia keduanya sangat dekat dengan dirinya dan ia pasti tahu jika mereka merencanakan sesuatu.

Banyak dugaan muncul apa yang menjadi motif keduanya melakukan aksi yang menewaskan tiga orang dan melukai ratusan orang tersebut. Salah satunya adalah fanatisme agama dan tekanan yang dialami sebagai kelompok minoritas di negeri Paman Sam.

Sungguh disayangkan jika memang benar dua bersaudara yang masih sangat muda ini merupakan pelakunya. Kedua orangtua mereka tentu berharap dengan mengirimkan anak-anaknya ke Amerika mereka dapat memiliki kehidupan yang lebih baik, namun ayah dan ibu Tsarnaev kini harus menerima kenyataan yang sebaliknya.

Sumber : Tempo.co | Tribunnews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami