Ditanam di Bawah Kulit, Chip ini Mampu Uji 5 Zat Darah

Nasional / 23 March 2013

Kalangan Sendiri

Ditanam di Bawah Kulit, Chip ini Mampu Uji 5 Zat Darah

Yenny Kartika Official Writer
3036

Tim ilmuwan dari Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) mengklaim bahwa chip yang mereka kembangkan mampu memonitor beberapa petunjuk darah secara bersamaan, demikian dilaporkan Medical News Today.

Prototipe chip berukuran setengah inch ini diselipkan di bawah kulit pasien dan mampu menguji sampai 5 zat di dalam darah secara simultan atau berbarengan. Hasil pengujian dikirimkan secara instan ke telepon seluler via Bluetooth.

Tim pengembang, yang berasal dari Swiss berharap produk ini dapat mulai tersedia dalam kurun waktu empat tahun.

Perangkat terdiri dari dua bagian: (1) “laboratorium mini” yang ditanam di bawah permukaan kulit, dan (2) “plester pintar” yang terletak di luar permukaan kulit, dekat dengan bagian chip yang ditanam. Lab mini memiliki panjang 14 mm dan lebar 2 mm, serta terdiri dari 5 buah sensor berukuran nano. Dengan menggunakan jarum, lab mini disisipkan di bawah permukaan kulit bagian perut, lengan, atau kaki. Sementara itu, plester pintar yang seukuran kartu kredit berfungsi untuk mengirimkan 1/10 watt daya ke kulit dengan metode induksi (oleh karena itu tidak diperlukan pembedahan saat mengganti batere). Plester juga berfungsi sebagai penerima data via gelombang radio dan kemudian meneruskannya via Bluetooth.

Dengan kegunaannya sebagai penguji 5 zat darah berbeda, perangkat ini dapat dimanfaatkan oleh pasien kanker yang hendak mengetahui seperti apa respon tubuhnya terhadap obat-obatan kemoterapi. Alat ini juga mampu memperingatkan serangan jantung dengan cara mendeteksi adanya metabolit di dalam aliran darah.

Kiranya fungsi chip ini benar-benar dipergunakan untuk peningkatan kesehatan masyarakat, dan tidak disalahgunakan untuk tujuan-tujuan menyimpang lainnya, yang merupakan kontroversi dari sebuah chip selama ini.

 

Baca juga artikel lainnya:

Terbukti! Micro-Chip, Salah Satu Tanda Akhir Zaman

Kisah Nyata Senna yang Ingin Sembuhkan Kanker Mamanya

Carman Divonis Kanker: Saya AkanTetap Menginjil

Seorang Bayi Sembuh dari Virus HIV

Mezbah Korban Bakaran

Kiper Muda Juventus Ternyata Berdarah Indonesia

Hanung Bramantyo: Antara Film Kontroversial dan Tayangan TV yang Positif

Email dari Sahabat: Tulang yang Patah Kini Telah Tersambung

Terimakasih SOLUSI, Suamiku Kini Sembuh Total dari Jantung Koroner!


Sumber : Wall Street Journal | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami