Share this article :

Makanan yang Baik dan Pantang untuk Pengidap Hepatitis

 Thu August 2nd, 2012
 15935

Hingga saat ini diperkirakan sebanyak 2 milyar penduduk dunia pernah terinfeksi virus penyebab Hepatitis B. Bahkan angka pengidap hepatitis C menjangkiti 170 juta jiwa penduduk dunia sampai ke tahap kronis. Akibat sebanyaknya 1,5 juta jiwa penduduk dunia meninggal.

Untuk itu pengetahuan yang cukup untuk menanggulangi penyakit yang merusak organ hati (liver) ini harus diketahui secara seksama agar terhindar dari dampak buruknya. Berikut ini adalah beberapa daftar jenis kandungan makanan yang baik dan pantang untuk pengidap Hepatitis.

Pantangan

1. Seluruh makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging kambing dan babi, jerohan, otak, es krim, susu full cream, keju, mentega/ margarine, minyak serta makanan bersantan seperti gulai, kare, atau gudeg.

2. Makanan kaleng seperti sarden dan korned.

3. Kue atau camilan berlemak, seperti kue tart, gorengan, fast food.

4. Bahan makanan yang menimbulkan gas, seperti ubi, kacang merah, kool, sawi, lobak, mentimun, durian, nangka.

5. Bumbu yang merangsang, seperti cabe, bawang, merica, cuka, jahe.

6. Minuman yang mengandung alkohol dan soda.

Dianjurkan

1. Sumber hidrat arang seperti nasi, havermout, roti putih, umbi-umbian.

2. Sumber protein antara lain telur, ikan, daging, ayam, tempe, tahu, kacang hijau, sayuran dan buah-buahan yang tidak menimbulkan gas.

3. Makanan yang mengandung hidrat arang tinggi dan mudah dicerna seperti gula-gula, sari buah, selai, sirup, manisan, dan madu.

 


Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :