Share this article :

Final Euro 2012 : Spanyol vs Italia 4-0

 Mon July 2nd, 2012
 1772

Spanyol akhirnya mempertahankan gelar juara yang direbut pada 2008 lalu setelah pada partai final yang berlangsung, Senin (2/7) dini hari WIB, mengandaskan Italia dengan skor telak 4-0.

Adapun gol-gol La Furia Roja di laga pamungkas ini dibuat oleh David Silva (14"), Jordy Alba (41"), Fernando Torres (83") dan Juan Matta (88").

Apa yang dilakukan anak-anak Spanyol di Euro 2012 merupakan sejarah tersendiri bagi turnamen sepakbola antarnegara benua Eropa. Pasalnya, selama kompetisi empat tahunan ini resmi digulirkan 52 tahun silam belum ada satu tim nasional yang dapat menjadi pemenang dua kali berturut-turut.

Sementara itu, jalannya pertandingan Spanyol kontra Italia berlangsung seru. Sejak wasit Pedro Proenca asal Portugal meniupkan peluit, kedua tim saling bergantian menekan.   

Dimulai terlebih dahulu oleh Italia lewat Antonio Cassano di menit 3. Pemain asal Juventus tersebut yang bergerak dari sisi kiri mencoba menerobos lini pertahanan yang dibangun oleh Alvaro Arbeloa, Sergio Ramos, Gerard Pique, dan Jordi Alba. Namun, terlalu lamanya membawa bola membuat Spanyol berhasil mementahkan usaha yang ia lakukan.

Menit 13, giliran Spanyol yang menyerang. Dengan memanfaatkan kekuatan lini tengah, tim asuhan Del Bosque mengobrak-abrik pertahanan Italia. Hasilnya di menit ke-14, David Villa sukses mengoyak gawang Gianluigi Buffon. 1-0 Spanyol memimpin atas Italia.

Tertinggal satu gol, Italia mencoba membalas. Namun, usaha Pirlo dkk tetap tidak berbuah hasil. Sebaliknya, Spanyol sukses menambah satu gol di menit-menit akhir babak pertama lewat Jordi Alba.  

Memasuki babak kedua, pelatih Italia Cesare Prandelli mengganti Cassano dengan Antonio Di Natale. Berharap terjadi perubahan baik, justru tambahan dua gol dari pemain-pemain Spanyol yang bermain di Chelsea yakni Fernando Torres dan Juan Mata harus ia terima.

Hingga waktu pertandingan selesai, empat gol Spanyol tidak mampu dibalas oleh Italia.  

Susunan Pemain:

Spanyol (4-3-3): Iker Casillas; Alvaro Arbeloa, Sergio Ramos, Gerard Pique, Jordi Alba; Xavi Hernandez, Xabi Alonso, Sergio Busquets; Andres Iniesta/Juan Mata (87"), Cesc Fabregas/Fernando Torres (75"), David Silva/ Pedro Rodriguez (59")

Italia (4-3-1-2): Gianluigi Buffon; Ignazio Abate, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini/ Federico Balzaretti (21") ; Daniele De Rossi, Andrea Pirlo, Claudio Marchisio; Riccardo Montolivo/Thiago Motta (56"); Antonio Cassano/ Di Natale (46"), Mario Balotelli.


Baca juga : 

Iklan ini Bawa Banyak Orang ke Gereja

Bantu Pelayanan Anak-Anak Jalanan Dengan Beli CD Musik The Messenger Disini

Forum JC : Mengapa Tuhan tidak menjawab doa ?


Sumber : Jawaban.Com / Budhianto Marpaung

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :