Share this article :

Tips Tidur Sehat Bagi Wanita Hamil

 Thu May 24th, 2012
 15267

Tidur menjadi kebutuhan pokok bagi ibu hamil karena kehadiran janin di rahim memberikan ketegangan pada tubuh wanita. Itulah sebabnya wanita hamil cepat merasa lelah dan membutuhkan waktu beristirahat yang lebih banyak. Seorang ibu harus memperhatikan kualitas maupun posisi tidur dengan baik agar perkembangan janin pun dapat berjalan dengan sempurna.

Berikut adalah 9 tips yang perlu diperhatikan wanita hamil untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal demi pertumbuhan janin sehat:

1. Perbanyak istirahat. Selama menjalani masa kehamilan, cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin dan cobalah untuk menambah jam tidur Anda.

2. Tetapkan jam malam. Tidur di waktu yang sama setiap malam akan membiasakan tubuh untuk memiliki jadwal khusus untuk beristirahat. Hal ini sangat baik bagi kesehatan ibu dan janin.

3. Tidur dengan posisi kepala dan leher terangkat. Tidur dengan posisi leher dan kepala yang diangkat dapat menurunkan asam lambung yang sering menjadi keluhan para wanita hamil.

4. Hindari mimpi buruk. Tidur dengan pikiran yang berbedan berat berpotensi menimbulkan mimpi buruk. Untuk menghindari hal ini, berbagilah dengan pasangan mengenai masalah dan ketakutan-ketakutan yang Anda rasakan. Hindari makan malam yang terlalu banyak.

5. Gunakan bantal tambahan. Pada trimester pertama kehamilan, Anda dapat menggunakan bantal tambahan antara lutut atau di bawah perut agar badan lebih terasa nyaman ketika tidur.

6. Pakailah bantal panjang. Dalam masa trimester kedua kehamilan, Anda dapat menikmati tidur yang lebih baik dengan menempatkan bantal di antara kedua lutut dan bantal yang memanjang dari punggung hingga perut.

7. Tidur miring ke kiri. Pada trimester ketiga kehamilan, cobalah untuk tidur miring ke kiri sehingga sirkulasi darah dapat ditingkatkan ke arah rahim, janin dan ginjal. Sirkulasi darah pada jantung juga dapat ditingkatkan dengan cara ini.

8. Lakukan aktivitas kecil. Memasuki trimester ketiga, wanita hamil terkadang tidak bisa tidur di malam hari. Lakukanlah beberapa kegiatan seperti menonton TV dan mendengarkan musik sebelum Anda mencoba untuk kembali tidur.

9. Atasi kram kaki. Kram di kaki menjadi hal lazim yang dialami wanita hamil. Untuk mengatasi hal ini, luruskan dan gerak-gerakkan kaki Anda ke atas ketika sedang berbaring di tempat tidur.

Hindari stres saat Anda menjalani masa-masa kehamilan Anda. Perbanyak istirahat untuk memaksimalkan perkembangan janin yang sehat. Hindari melakukan pekerjaan yang berat, lakukan olahraga yang teratur dan konsumsilah makanan bergizi. Jadi tunggu apalagi, nikmatilah masa-masa anugerah kehamilan Anda.

 

Baca Juga:

Sumber : detik

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :