Makanan Untuk Orang Berusia 40 Tahun Ke Atas

Gizi & Nutrisi / 13 April 2012

Kalangan Sendiri

Makanan Untuk Orang Berusia 40 Tahun Ke Atas

Lois Official Writer
12065

Tingkat usia yang berbeda mempunyai kebutuhan gizi yang berbeda pula karena tubuh selalu mengalami perubahan. Menurut Helen Rasmussen PhD, seorang ahli diet dari Human Nutrition Research Center of Aging, Tufts University di Boston merekomendasikan jenis makanan oleh orang dengan usia 40 tahun ke atas adalah sebagai berikut :

Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Vitamin B12 diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 dapat ditemukan dalam suplemen dan sereal yang difortifikasi, sehingga dapat diserap dengan cepat oleh tubuh. Sejak usia 50 tahun, konsumsilah sereal yang telah difortisikasi.

Makan Pisang

Untuk menghindari stroke dan serangan jantung karena tekanan darah tinggi, seseorang harus mengurangi konsumsi natrium dan menambah konsumsi kalium. Untuk memenuhi kebutuhan kalium inilah, mengkonsumsi pisang, brokoli, dan kentang sangat penting.

Menambahkan Bumbu Masakan

Dengan meningkatnya usia, air liur dan kekuatan indra perasa berkurang sehingga menurunkan selera makan. Cobalah menambahkan bumbu lain yang bebas dari natrium. Tambahkan lada atau bumbu rempah untuk menguatkan rasa. Jika asupan rempah-rempah terlalu berlebihan, Anda dapat menurunkan efek buruk dari rempah-rempah tersebut dengan banyak minum air putih dan susu. Hindari makanan yang dimasak terlalu matang karena akan menghilangkan rasa.

Minum Susu

Kalsium baik untuk tulang dan mudah diperoleh dalam susu dan berbagai produk lain. Para ahli mengatakan bahwa orang memerlukan lebih banyak kalsium pada usia tua karena kadar laktosa yang menurun. Orang dewasa memerlukan 1.000 mg kalsium per hari dan harus ditingkatkan sampai 1.200 mg untuk wanita di atas usia 50 tahun dan pria di atas 70 tahun.

Makanan yang Mengandung Lutein

Asupan lutein perlu ditingkatkan pada usia pertengahan untuk menjaga agar mata tidak rabun atau katarak. Lutein dapat diperoleh dari sayuran berdaun seperti bayam dan brokoli, buah-buahan seperti anggur dan jeruk serta kuning telur.

Hindari Makanan-Makanan Ini

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Mulailah mengkonsumsi susu yang rendah lemak dan makanan seperti kedelai. Makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak sehat juga perlu dihindari seperti roti tawar yang memiliki kadar vitamin dan serat rendah. Jangan mengkonsumsi suplemen berlebihan.

Jagalah kesehatan tubuh baik saat muda ataupun di saat usia tak lagi muda. Dengan tubuh yang sehat, tentu banyak hal yang dapat kita lakukan, apalagi ketika usia tak lagi muda. Tubuh yang sehat dapat menunjang banyak sekali aktivitas yang ingin kita lakukan.

Sumber : detik/lois horiyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami