Share this article :

Vatikan Minta Maaf Kepada Korban Pelecehan Seksual di Irlandia

 Thu March 22nd, 2012
 3153

Delegasi Vatikan untuk Irlandia mengungkapkan kesimpulan laporan investigasi mereka, Selasa (21/3), yakni bahwa skandal pelecehan seksual yang terjadi di Gereja Katolik setempat bertahun-tahun lalu lamanya merupakan kesalahan pemimpin-pemimpin gereja lokal disana. Dan karena hal tersebut, Gereja Katolik Roma meminta maaf kepada para korban. Gereja Katolik Roma juga berjanji akan terus melaksanakan reformasi yang tujuannya agar anak-anak semakin terlindungi.

Laporan ini adalah kesimpulan dari penyelidikan dua tahun oleh tujuh perwakilan Vatikan yang mengunjungi empat keuskupan agung di Irlandia.

Berdasarkan laporan ini penyidik ​​mengatakan gereja yang berwenang, termasuk beberapa uskup, telah gagal  memahami dan bereaksi terhadap masalah yang ada. 

"Selama (penyidik) berada di Irlandia, mereka mampu melihat betapa banyak kekurangan dari masa lalu dan itu memunculkan reaksi terhadap fenomena mengerikan dimana sejumlah Uskup dan pemimpin gereja Katolik lainnya justru yang melakukan penyalahgunaan kekuasaan atas anak di bawah umur," tulis laporan itu. 

"Dengan rasa nyeri dan malu, harus diakui bahwa komunitas anak muda yang tidak bersalah telah disiksa oleh pemuka agama yang seharusnya menjaga kehidupan mereka."

"Untuk kesalahan ini, sekali lagi (Gereja Katolik Roma) minta maaf (kepada para korban)."

Sumber : christianpost.com/bm

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :