Share this article :

Makanan Tepat untuk Penderita TBC

 Tue February 28th, 2012
 10802

TBC merupakan penyakit dalam golongan infeksi yang disebabkan oleh bakteri mikobakterium tuberkulosa. TBC dapat menyerang pada siapa saja tak terkecuali pria, wanita, tua, muda, kaya dan miskin serta dimana saja. Indonesia menduduki negara terbesar ketiga didunia dalam masalah penyakit TBC ini. Untuk itu dibutuhkan pencegahan sedini mungkin agar kita tidak tertular.

Berikut beberapa bahan dan jenis makanan yang direkomendasikan untuk pencegahan juga bagi pegidap TBC.

1. Jagung.

Kaya beta Cryptoxanthin, yaitu sejenis phyto nutrientyang dapat menurunkan resiko kanker paru. Cryptoxanthin jika dikonsumsi dalam sayuran dan buah, berkhasiat melindungi paru dan menghambat perkembangan kanker paru.

2. Nasi cokelat.

Mengandung selenium dan vitamin E yang perpaduannya meningkatkan kesehatan paru.

3. Brokoli.

Kaya akan nutrisi untuk paru – paru. Brokoli dan sayuran cruciferous lainnya seperti kembang kol dan selada air mencegah kanker paru dan dapat memperbaiki simptom COPD dan asma.

4. Kacang Brazil.

Mengandung Selenium, yang merupakan mineral antioksidan yang melindungi paru dari radikal-radikal bebas, memperlambat pertumbuhan tumor dan menguatkan sistem imun tubuh.

5. Kuning Telur.

Kendatipun tinggi kolesterol, kuning telur juga merupakan salah satu sumber selenium dengan kadar 14 mcg perbutir. Telur juga tinggi protein yang diperlukan tubuh untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan rokok atau penyakit. Karena mengandung protein dan lemak, telur memberikan nutrien penyembuh dan energi untuk membantu mengatasi lemas dan lelah yang disebabkan penyakit paru.

6. Jeruk.

Sumber vitamin C dan potassium memberikan nutrien yang kadarnya rendah pada orang-orang dengan asma dan COPD. Vitamin C adalah antioksidan ampuh yang dapat membantu mencegah infeksi sekunder dalam saluran pernafasan dan mencegah Inflamasi Bronchial.

Sumber : makanan.sehat.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :