Share this article :

Pentingnya Makna Ibu Bagi Seorang Anak

 Thu December 20th, 2012
 4474

Mari pastikan bahwa Anda memberitahukan kepada ibu Anda maupun ibu dari anak-anak Anda betapa istimewanya mereka bagi Anda. Jika Anda adalah seorang ayah, tugas kitalah untuk memimpin dengan teladan dan memperlihatkan kepada anak-anak Anda betapa pentingnya Hari Ibu itu. Misalnya saja, Anda bisa mengajarkan kepada anak Anda untuk membuatkan sarapan spesial dan membawakannya untuk ibu mereka di tempat tidur. Atau Anda bisa menyiapkan kejutan-kejutan spesial lainnya untuk menyatakan betapa berharga dan istimewanya wanita yang dipanggil ibu itu di mata Anda dan anak-anak Anda.

 Tidak banyak orang yang menganggap Hari Ibu itu penting. Padahal hari ibu itu dapat dimaknai lebih dari sekedar memberikan hadiah atau ucapan selamat Hari Ibu, namun lebih kepada pernyataan melalui perkataan dan tindakan agar ibu kita maupun istri yang juga ibu dari anak-anak kita tahu betapa mereka sangat dihargai dan dicintai.

Hari Ibu bicara tentang ibu, tidak hanya tentang ibu yang telah melahirkan kita tapi juga ibu dari anak-anak kita. Pastikan di hari itu, Anda tidak hanya melakukan sesuatu yang spesial untuknya tapi juga mengatakan kepadanya betapa Anda sangat mengasihi dan menghargai keberadaannya di dalam hidup Anda.

Sesungguhnya tidak ada pekerjaan tanpa pamrih yang setara dengan pekerjaan sebagai seorang ibu. Memang tidak seharusnya menjadi ibu disebut sebagai pekerjaan, tapi memang seorang ibu bekerja tanpa pamih. Memiliki jam kerja yang panjang, tidak pernah libur dan tidak pernah dibayar. Dan balasannya ketika sesuatu tidak berjalan dengan seharusnya, ibulah yang biasanya disalahkan. "Hal ini terjadi karena ibu tidak ini atau itu" atau "Kemana ibumu ketika engkau melakukan (kesalahan) ini?" Saya pun akan melakukan hal yang sama ketika melihat seorang anak bertindak yang tidak sepatutnya di tempat umum. "Dimana ibu dari anak ini!?"

Dengan semua hal itu, menjadi seorang ibu juga menjadi salah satu pekerjaan yang paling berharga yang pernah ada. Tanyakan pada semua ibu di luar sana dan merekapun akan memberitahu Anda bahwa tidak ada pekerjaan maupun peranan yang lebih menguntungkan daripada menjadi seorang ibu. Dengan kebanggaan itu, perasaan yang telah dimulai ketika mengetahui bahwa mereka sedang hamil, menjadikan hidup memiliki makna yang lebih dalam. Dan jika saja Anda peduli dan Anda memperhatikan dengan seksama, maka wanita yang Anda kenal akan menjadi salah satu wanita yang paling menakjubkan yang pernah Anda temui.

Tanpa ibu, dimanakah kita sebagai masyarakat? Ibu kitalah yang mengajarkan kepada kita bagaimana untuk mengasihi dan peduli pada sesama. Melalui bimbingannyalah setiap kita belajar bagaimana menjadi empati dan simpati kepada orang-orang di sekitar kita. Berapa kalikah Anda pernah mengalami ketika berada di tempat umum melihat seorang anak yang terluka dan 3 sampai 4 ibu berlari untuk menolong anak tersebut? Tentu saja semua wanita itu bukanlah ibu dari anak itu, tetapi mereka semua melihat dan menyadari ada yang membutuhkan kehadiran mereka di sana... naluri untuk memastikan bahwa orang-orang yang ada di sekitar mereka baik-baik saja.

Pandanglah seorang wanita yang Anda kenal, dan sesungguhnya mereka sangatlah menakjubkan melalui cara mereka sendiri. Berapa banyak di antara Anda jika berada di posisi mereka, akan meringkuk di tempat tidur dan menutupi kepala dengan bantal mencoba menghindari segala  hal... namun seorang ibu tidak akan melakukan hal itu. Bahkan jika seorang ibu sakit, ia tetap mengurus orang-orang yang dicintainya. Seorang ibu mengorbankan dirinya sendiri... sifat natural dari seorang ibu. Seorang ibu akan memastikan bahwa anak-anak, suami maupun keluarganya telah diurus dengan baik dan mendapatkan segala yang mereka butuhkan.

Seorang ibu juga memiliki kemampuan bawaan untuk menjadikan semuanya baik-baik saja. Ketika Anda mengalami hari terburuk dalam hidup Anda, seorang ibu akan mendengarkan dan menghapus air mata Anda, dan memberitahukan kepada Anda betapa ia mengasihi Anda, dan semuanya akan berakhir dengan baik-baik saja. Ketika Anda beranjak dewasa, Anda akan melakukannya melalui telepon dan ibu akan tetap mendengarkan Anda. Semua perkataan yang keluar dari bibirnya akan menyingkirkan rasa sakit yang Anda rasakan. Seorang ibu tidak pernah berhenti bekerja, tidak pernah libur, dan mereka tidak pernah benar-benar dihargai atas semua yang telah mereka lakukan.

Pada momen Hari Ibu di tahun ini, luangkan waktu khusus untuk berterima kasih kepada ibu Anda, dan jika Anda adalah seoran ayah, berterima kasihlah pada istri yang telah menjadi ibu dari anak-anak Anda. Pastikan ia tahu betapa berartinya keberadaan mereka bagi Anda. Pada akhirnya setiap ibu percaya bahwa penghargaan terbesar untuk semua yang telah mereka lakukan adalah melihat anak-anak mereka berubah menjadi orang dewasa yang sukses dan bahagia... Semua hal itu dapat digunakan sebagai pengakuan cinta dari Anda bagi ibu sepanjang mengarungi kehidupan.

Selamat Hari Ibu. Terima kasih kami ucapkan kepada semua ibu di luar sana untuk cinta dan pengorbanan yang telah memulihkan banyak hati yang membutuhkan kasih sayang.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : more4kids.info / LEP

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :