Konflik Perbatasan Turki dan Suriah Sangat Membahayakan

Nasional / 8 October 2012

Kalangan Sendiri

Konflik Perbatasan Turki dan Suriah Sangat Membahayakan

daniel.tanamal Official Writer
2604

Serangan kelompok bersenjata di Suriah terhadap tetangganya Turki yang merupakan anggota NATO begitu berdampak hingga kini. Turki tidak tinggal diam, mereka menjawab setiap serangan dengan balasan roket-roket yang diluncurkan langsung ke jantung negara Suriah.

Keadaan ini memaksa Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon memperingatkan kepada seluruh dunia bahwa dampak dari konflik ini begitu membahayakan dan harus segera diakhiri. "Eskalasi konflik di sepanjang perbatasan Suriah-Turki dan dampak krisis tersebut terhadap Lebanon sangatlah berbahaya," ujar Ban pada pembukaan Forum Dunia untuk Demokrasi di Strasbourg, Perancis, Senin.

Dirinya juga mendesak para donor untuk menyediakan dana lebih banyak dalam penanganan bencana kemanusiaan di Suriah. "Seiring kian dekatnya musim dingin, kami memerlukan sumbangan lebih banyak dari para donor untuk mengatasi bertambahnya kebutuhan di dalam Suriah dan lebih dari 300.000 pengungsi di negara-negara tetangganya," ujarnya.

Hingga kini, Turki terus merespon dengan bersenjata setiap tindakan militer Suriah yang melanggar teritorinya. Hal tersebut dikhawatirkan bakal meningkat menjadi konflik perbatasan. Dewan Keamanan PBB sendiri telah mengecam keras serangan lintas perbatasan oleh Suriah, dan menyerukan agar kedua pihak saling menahan diri.

Kekerasan, konflik dan perang hanya akan menguntungkan kelompok kepentingan yang bertujuan memperebutkan sumber daya alam, tanpa berpikir kedamaian dan keamanan warga negaranya. Keamanan menjadi satu hal penting yang harus diperjuangkan setiap warga dan petinggi negara untuk diwujudkan.

 

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami