Demo Buruh Rusuh, Tol Cikarang Barat Diblokir

Nasional / 19 January 2012

Kalangan Sendiri

Demo Buruh Rusuh, Tol Cikarang Barat Diblokir

Lestari99 Official Writer
7276

Demo buruh saat ini sedang berlangsung di Lippo Cikarang, Bekasi. Belasan ribu buruh melakukan sweeping pabrik yang berada di kawasan EJIP. Demo ini dilakukan oleh buruh yang berasal dari kawasan industri EJIP, Hyundai dan Delta Silicone. Rencananya demo akan terus berlanjut dan merembet ke kawasan Industri Jababeka dan MM2000. Para buruh telah memblokir tol Cikarang Barat yang menyebabkan kemacetan total dan antrian panjang dari jalan tol sampai kawasan industri Lippo Cikarang.

Demo terjadi akibat perseteruan antara buruh dengan Asosiasi pengusaha Indonesia (Apindo) yang menggugat keputusan Gubernur Jawa Barat terkait Upah Minimum Kabupaten (UMK). Apindo Bekasi menggugat keputusan Gubernur melalui SK NO.561/Kep.1540-Bansos/2011 yang menetapkan UMK Bekasi sebesar Rp 1.491.866,-, Upah kelompok II Rp 1.715.645,- dan Kelompok I Rp 1.849.913,- melalui Pengadilan Tata Usaha Negara atau PTUN Bandung.

Demo yang sedianya akan digelar pada 16 Januari lalu sempat batal karena terjadinya kesepakatan antara buruh dan Apindo. Namun hari ini kesepakatan tersebut dilanggar Apindo yang tetap mengajukan tuntutan UMK ke PTUN Bandung, Jawa Barat, dan membangkitkan aksi demo secara serentak sejak pukul 12 siang tadi.

Sumber : Jawaban.Com
Halaman :
1

Ikuti Kami