Fenomena Tendangan Penalti Andrea Pirlo

Nasional / 25 June 2012

Kalangan Sendiri

Fenomena Tendangan Penalti Andrea Pirlo

daniel.tanamal Official Writer
5235

Diluar berita kemenangan Italia atas Inggris lewat adu penalti 4-2 pada laga perempat final Piala Eropa 2012 yang berlangsung Minggu atau Senin (25/6) dini hari WIB tadi, semua orang masih membicarakan aksi Andrea Pirlo yang melakukan tendangan penalti cantik yang mengecoh kiper Joe Hart. Mengapa begitu?

Pertandingan yang berakhir imbang 0-0 pada waktu normal dan perpanjang waktu tersebut memang harus dituntaskan dengan drama adu penalti. Italia sempat tertinggal 2-1 usai penendang kedua Ricardo Montolivo gagal mengeksekusi penalti. Penendang ketiga kemudian ialah Andrea Pirlo. Gelandang asal Juventus ini tidak banyak membuat gerakan. Seketika dirinya berlari pelan menendang bola dengan pelan, bersamaan dengan kiper Joe Hart yang telah cepat bergerak ke arah kanan.

Bola lambung pendek dan berputar tersebut meluncur demikian pelan namun terukur, melewati Hart yang telah tersungkur mati langkah dan terkesima melihat bola pelan masuk ke gawangnya dengan santai tanpa bisa dihalau. Ya itulah tendangan chip ball atau "Cucchiao", yang jika diterjemahkan dalam bahasa Italia berarti sendok. Sebuah ungkapan media terhadap tendangan penalti penyerang Italia kala itu, Francesco Totti ke gawang Belanda pada Euro 2000.

"Dalam satu saat aku melihat kiper melakukan pergerakan aneh, jadi aku menunggunya bergerak dan menendang bola seperti itu. Buatku, mencongkel bola seperti itu sangat mudah. Apa yang aku lakukan justru menekan Inggris dan faktanya Ashley Young gagal mengeksekusi penaltinya," ungkap Pirlo kepada Football Italia.

Gol Pirlo itu melecut semangat pasukan Gli Azzurri dan para tifosi yang hadir memenuhi Olimpiade Kiev Ukraina. Benar saja, usai gol ini penendang Inggris Ashley Young gagal mencetak gol usai sepakan kerasnya membentur mistar. Skor menjadi 2-2. Nocerino yang di-plot menjadi penendang keempat berhasil mencetak gol, dan Italia unggul 3-2. Ashley Cole pun menjadi pelengkap penderita Union Jack usai bola penaltinya ditangkap Buffon.

Italia pun melaju ke semifinal usai Alessandro Diamanti mencetak gol akhir. Skor akhir 4-2 untuk kemenangan Italia, sekaligus tiket ke semifinal menghadapi Jerman. "Kami hanya berusaha bertahan dan menunggu saat adu penalti. Kami tetap mengontrol permainan dan pada akhirnya kami menang," tandas Pirlo.

 


 

Sumber : kompas bola
Halaman :
1

Ikuti Kami