Prof. Samuel Tirtamihardja: Orang Indonesia itu Orang Visual

Nasional / 8 June 2012

Kalangan Sendiri

Prof. Samuel Tirtamihardja: Orang Indonesia itu Orang Visual

daniel.tanamal Official Writer
6513

Beberapa pekan yang lalu, tim riset Solusi, Jawaban.com dan budayawan Pat Danang berkunjung dan melakukan wawancara singkat dengan pendiri Yayasan Siaran Kristen Indonesia (YASKI) dan Heartline FM, Prof. Samuel Tirtamihardja di kantornya di bilangan Lippo Karawaci.

Beberapa hal yang menjadi bahan diskusi dalam kunjungan tersebut antara lain kekuatan media dalam memberikan program yang inspiratif dan membangun bagi masyarakat Indonesia, program masa kini yang solutif dan tepat sasaran, hingga beberapa hal mengenai hubungan media dan khalayak ramai.

Prof. Samuel sendiri fokus terhadap pemanfaatan aspek visual dalam sebuah media. Karena masyarakat Indonesia dinilainya sebagai khalayak visual yang menyebar. “Orang Indonesia itu adalah orang visual, bukan audio. Jadi apa yang dilihat sangat kuat, lihat saja jika pergi ke seluruh Indonesia pasti ada parabol. Mereka mungkin gak makan nasi, tapi makan tivi. Saya tahu orang Indonesia gak suka baca buku. Tapi nonton,” katanya.

Beliau melihat bahwa kini ada jurang pemisah yang begitu besar diantara hubungan komunikasi orangtua dan anak. Dirinya merekomendasikan agar dapat dibuat program televisi mengenai hal ini. “Sekarang orang tua pusing karena anak gak pernah nurut orang tua, gak pernah ikut yang orang tua ngomong. Karena bapak gak bisa IT, anak bisa, jadi anak berasa lebih pintar dari bapaknya. Mungkin hal seperti inilah yang harus diangkat dan ditampilkan,” katanya.

Pada umumnya banyak hal yang dikupas oleh Prof. Samuel mengenai umat Kristen dalam hal pemanfaatan perkembangan media saat ini. Bahasan yang banyak membantu tim riset Solusi dan Jawaban.com untuk menggunakan media secara tepat guna dan tepat sasaran.

Sumber : Jawaban.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami