Barack Obama Pimpin Peringatan Martin Luther King Day

Nasional / 17 January 2012

Kalangan Sendiri

Barack Obama Pimpin Peringatan Martin Luther King Day

daniel.tanamal Official Writer
4313

Presiden Barack Obama kemarin Senin (16/1) memimpin upacara peringatan tokoh bersejarah Amerika Serikat Martin Luther King yang termasyur perjuangannya menentang diskriminasi dan rasialisme pada 1950-an dan 1960-an. Hari yang diperingati sekaligus sebagai hari kelahiran tokoh kulit hitam yang menjadi martir tersebut.

Pada pidatonya yang juga sekaligus peresmian tugu peringatan aktivis dan pendeta Baptis itu di Lapangan Nasional di Washington DC, Obama menyatakan bahwa Amerika Serikat harus mengikuti teladan King dengan meneruskan usaha dan perjuangannya akan negara yang lebih baik. Obama mengatakan King mengobarkan hati nurani kita melalui kampanyenya akan persamaan rasial.

Martin Luther King dikenal sebagai tokoh kebebasan hak rakyat sipil dan penentang rasisme. King terkenal melalui gerakannya pertama kali dalam memimpin protes menentang pemisahan penumpang dalam bis berdasarkan ras di Montgomery, Alabama. Dalam sistem pemisahan penumpang bis saat itu, kaum kulit hitam diharuskan duduk di belakang dalam bis. Kalau bis penuh, kulit hitam harus memberi tempat duduk mereka kepada kaum kulit putih.

Gerakan anti rasial itu berhasil membuka mata dunia akan pentingnya sebuah persamaan hidup. King semakin dikenal dunia melalui pidato bersejarahnya berjudul “I Have A Dream” di Washington, DC 28 Agustus 1963. pada tahun itu juga dirinnya diganjar dengan Nobel Perdamaian. King tewas terbunuh lewat usaha konspirasi terselubung pada April 1968 Memphis Tennessee, yang hingga kini samar kebenarannya.

Semangat persamaan hak dan kebebasan yang telah dirintis oleh King 44 tahun yang lalu haruslah membuka mata kita bahwa, persamaan adalah hak yang harus kita bela bersama terutama ditengah situasi bangsa yang kini menghadapi tantangan dari beberapa saudara sebangsa yang tidak mengert dan memahami indahnya kebersamaan dan toleransi.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami