Luis Suarez Dihukum FA Akibat Tindak Rasialis

Nasional / 21 December 2011

Kalangan Sendiri

Luis Suarez Dihukum FA Akibat Tindak Rasialis

daniel.tanamal Official Writer
2225

Akibat mengeluarkan kata-kata yang dinilai rasial terhadap bek Manchester United Patrice Evra, striker Liverpool Luis Suarez akhirnya dihukum Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dengan sanksi skors delapan pertandingan dan denda 40.000 poundsterling atau sekitar Rp 571 juta.  

"Komisi Regulasi Independen hari ini (Selasa, 20/12) menyatakan bahwa Luis Suarez terbukti bersalah atas dugaan pelanggaran yang dilakukannya. Dan memvonisnya dengan larangan bermain selama delapan pertandingan dan menjatuhkan denda 40.000 poundsterling," demikian pernyataan FA.

Pernyataan rasial itu terjadi pada laga Premier League antara Manchester United kontra Liverpool, 15 Oktober lalu. Kala itu menurut Patrice Evra, Suarez mengucapkan kata-kata rasis sebanyak setidaknya sepuluh kali kepadanya pada pertandingan itu.

Suarez sendiri mengakui bahwa terdapat konflik verbal antara dirinya dengan Evra, namun menurut penyerang Timnas Uruguay itu, kata-kata yang keluar dari dirinya hanyalah sebuah ungkapan dari sudut pandang dirinya sebagai orang Amerika Latin

Tidak terima dengan kata-kata yang dianggap rasial itu, Evra langsung melaporkannya ke FA, dan langsung mendapat respon yang cepat karena Inggris sendiri merupakan negara dengan kampanye anti-rasial yang tinggi.

Kasus seperti menjadi bukti bahwa kekerasan dalam lingkup rasialisme demikian tinggi. Masih banyak kaum terpelajar, olahragawan hingga pejabat tinggi yang kerap tendensius terhadap warna kulit. Pemberian hukum sepadan diharapkan menjadi efek jera bagi yang bersangkutan agar menghormati tiap kedudukan seseorang yang sama dimata hukum.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami