Share this article :

Haruskah Tertanam Dalam Sebuah Gereja?

 Wed September 8th, 2010
 4046

Gereja adalah "tubuh Kristus." Bentuknya bisa saja sebuah kelompok atau dua hingga tiga orang Kristen yang berkumpul disuatu tempat, atau juga jemaat yang jumlahnya ratusan hingga ribuan orang yang beribadah di tempat yang megah. Berdasarkan Matius 18:19-20, jika dua tiga orang berkumpul dalam nama Yesus, maka Dia hadir ditengah-tengah mereka.

Mengapa berjemaat di sebuah gereja begitu penting?

Sebagai orang Kristen, berada di sebuah komunitas orang percaya sangat penting bagi pertumbuhan rohani Anda  (Ibrani 10:25) . Kita seharusnya tidak boleh terisolasi dari tubuh Kristus, dan harus saling membagikan karunia-karunia dan juga hikmat yang kita terima dari Tuhan untuk membangun sesama orang percaya (1 Korintus 12:7). Menyembah Tuhan bersama, menyatukan suara dan roh dalam pujian. Mendengarkan firman Tuhan dari orang lain memberi makan kita secara spiritual. Doa bersama adalah sarana untuk saling berbagi beban, dan juga tempat untuk mendapatkan dukungan dan kekuatan dari "keluarga" jemaat Allah (Galatia 6:2). Yang terakhir, kesaksian tentang karya Tuhan dalam hidup kita dapat menguatkan iman jemaat yang lain.

Bagaimana menemukan gereja lokal yang tepat?

Menemukan gereja yang tepat untuk Anda dan keluarga Anda adalah sebuah keputusan yang terpenting yang pernah Anda buat. Mintalah tuntunan Roh Kudus, dan pertimbangkan beberapa faktor penting berikut ini:

Hubungan. Gereja yang aktif biasanya menyediakan pelayanan kebaktian pagi dan sore dan juga kebaktian tengah minggu. Kesempatan lain untuk membangun hubungan harus melibatkan semua jemaat dari segala umur, seperti klub untuk anak, kelompok untuk remaja, dan perkumpulan orang dewasa. Piknik gereja, sekolah Alkitab dan perayaan natal serta paskah menjadi bagian dari program tahunan. Kelompok belajar Alkitab atau kelompok kecil akan membantu Anda untuk bertemu dengan sesama anggota gereja dan membantu Anda untuk bertumbuh dalam iman. Anak-anak sebaiknya jangan diajak dalam kelompok kecil seperti ini sehingga Anda dan pasangan bisa fokus untuk belajar firman Tuhan. Anak-anak yang sudah bertumbuh remaja bisa diajak, sehingga ia bisa belajar dasar-dasar firman Tuhan dan membangun imannya.

Kepemimpinan. Apakah Anda menaruh rasa hormat terhadap sang pendeta? Apakah pemimpin gereja tersebut pemimpinnya meneladankan gaya hidup yang Anda ingin ikuti? (Ibrani 13:7). Mereka haruslah seorang yang mengenal Tuhan dan percaya serta mengkotbahkan kebenaran Alkitab.

Pelayanan. Bagaimana Anda bisa melayani orang lain? Carilah tempat dimana Anda bukan hanya dilayani, namun Anda bisa melayani dengan talenta yang Anda miliki. Kesampingkan dulu tentang berkotbah atau menyanyi, selain dua hal itu banyak gereja membutuhkan orang yang mampu dalam berorganisasi, memiliki keahlian memimpin dan juga membuat rencana.

Dokrin.  Pilih gereja yang percaya bahwa Roh Kudus masih bekerja dalam kehidupan orang percaya hingga saat ini. Pandangan ini termasuk tentnag kuasa doa bagi keselamatan, kesembuhan dan campur tangan Tuhan dalam kehidupan seseorang. Waktu untuk menyembah, memuji dan berdoa seharusnya menjadi pusat pelayanan. Jangan dilupakan, pastikan gereja tersebut memiliki misi yang kuat untuk menjangkau mereka yang masih belum mengenal Tuhan dan juga melayani mereka yang kurang beruntung.

Ukuran gereja. Apapun pilihan Anda, gereja besar atau kecil tergantung kebutuhan pribadi dan keluarga dan tuntunan Roh Kudus bagi Anda. Keintiman gereja kecil memberikan Anda kesempatan untuk memberikan perhatian yang khusus secara pribadi satu sama lain dan kesempatan untuk mengembangkan hubungan dengan tubuh Kristus. Gereja yang besar memiliki kapasitas, pembiayaan, bakat dan sumberdaya yang lebih besar dan dapat melakukan proyek-proyek yang besar juga.

Pada akhirnya Anda harus beribadah dimana Anda merasakan hadirat dan kuasa Allah. Melalui kuasa-Nya Anda akan bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang Tuhan telah rancangkan, dimana Anda lebih siap dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :