Share this article :

Diet Dan Hubungannya Dengan Kesehatan

 Tue December 21st, 2010
 3197

Diet Dan Hubungannya Dengan Kesehatan

Mengkonsumsi makanan sehat mendatangkan manfaat jangka panjang untuk mendapatkan kesehatan yang baik.

Pola makan yang tidak sehat berjalan seiring dengan faktor genetik, faktor perilaku dan sosial dikaitkan dengan masalah kesehatan yang umumnya terjadi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa apa yang kita makan akan mempengaruhi kesehatan kita untuk jangka panjang.

Makanan dan diet yang sehat dapat menyembuhkan sakit tubuh dan bertindak sebagai obat untuk memelihara dan mengembalikan tubuh yang sehat seutuhnya.

Makanan sehat dapat mengurangi gejala serta membalikkan berbagai kondisi kronis seperti diabetes, kanker, arthritis TB, dan asma. Meskipun beberapa penyakit tidak bisa disembuhkan secara total tapi yang paling terlihat manfaatnya adalah diet sehat dan gaya hidup dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit tersebut.

Dalam kenyataannya, terapi makanan yang dikombinasikan dengan rempah-rempah merupakan bentuk dasar dari sistem penyembuhan yang dianut berbagai budaya. Meskipun tidak ada satu jenis makanan yang sempurna, ada makanan tertentu yang dikenal dapat menghilangkan dan menyembuhkan penyakit tertentu. Sebagai contohnya:

  • Bawang merah dan bawang putih mengandung alil sulfida, zat kimia yang menghambat produksi bahan kimia penyebab kanker dan mengurangi resiko penyakit jantung.
  • Sayuran pahit seperti labu pahit dan fenugreek terbukti dapat mengendalikan diabetes.
  • Sayuran yang kaya zat besi seperti bayam, bit, pisang dan tomat mencegah dan mengobati anemia.
  • Kismis hitam kering memiliki kandungan alkali yang tinggi, sangat baik sebagai asidosis.
  • Sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin C seperti indian gooseberry, jeruk limau dan kacang hijau dapat mencegah dan mengobati flu.

Mengkonsumsi makanan sehat seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menjaga keteraturan waktu makan merupakan hal yang penting. Namun, Anda harus tetap berhati-hati saat memilih diet tertentu saat membatasi untuk mengkonsumsi makanan tertentu seperti makanan yang kaya karbohidrat, makanan tinggi lemak dan makanan rendah protein, karena bertanggung-jawab un