Tranformer : Mobil Terbang Tentara Amerika di Afghanistan

Nasional / 2 December 2010

Kalangan Sendiri

Tranformer : Mobil Terbang Tentara Amerika di Afghanistan

Lois Official Writer
3234

Tentara Amerika Serikat yang bertugas di Afghanistan akan lebih mudah memerangi para Taliban di sana dan kejahatan lainnya. Dalam waktu dekat ini, mereka akan mempunyai mobil terbang yang dinamai dengan Transformer atau TX. Wowo. Mobil ini memang bukan sembarang mobil. Selain mempunyai empat roda, mobil yang bentuknya mirip Humvee ini punya baling-baling sehingga bisa terbang seperti helicopter.

Kendaraan ini memang kendaraan super canggih, bila tentara Amerika tengah melintasi gurun lalu dihadang oleh pasukan Taliban misalnya, maka mereka tinggal menekan tombol lalu kendaraan itu berubah menjadi helicopter. Tentara jadinya bisa kabur dari sergapan dengan mudah.

Selain bisa kabur dengan cepat, mobil ini dengan mudah bisa mengangkut tentara yang terluka dan mengirimkan mereka ke rumah sakit terdekat, mereka tidak perlu lagi menunggu helicopter untuk menjemput. Diyakini bahwa dengan adanya kendaraan ini, keselamatan tentara dapat lebih meningkat.

Kendaraan ini dikembangkan oleh Lembaga Penelitian Pertahanan Amerika atau The Defense Advanced Projects Agency (DARPA). Kendaraan berlapis baja ini menghabiskan uang sebesar 41 juta poundsterling. Mereka akan bekerja sama dengan Terrafugia yang telah lebih dulu mengembangkan mobil terbang ini.

Menurut bos Terrafugia, Carl Dietrich pembuatan mobil akan memakan sekitar 5 tahun dan selesai tahun 2015 tapi untuk tahap awal dan konsepnya akan selesai tahun depan. Transformer ini akan terbuat dari baja komposit untuk melindungi tentara dari tembakan, ledakan, dan misil. Kendaran ini juga bisa menempuh perjalanan 448 kilometer di darat maupun udara serta bisa lepas landas dan mendarat secara vertical. Canggihnya lagi, tak perlu keahlian seperti pilot untuk menerbangkan kendaraan ini karena dilengkapi dengan kontrol penerbangan otomatis.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami