Share this article :

Kisah Sumiati, TKI yang Teraniaya di Negeri Orang

 Wed November 17th, 2010
 5889

Sumiati, tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Bima, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami kasus kekerasan yang begitu kejam oleh majikannya di Madinah, Arab Saudi. Sumiati yang baru berumur 23 tahun itu sejak bekerja pada tanggal 18 Juli 2010, kerap mengalami penyiksaan dari istri dan anak majikannya.

Pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Madinah baru menerima laporan dari penganiayaan Suamiati ini pada tanggal 8 November 2010. Perwakilan KJRI langsung mengunjungi Sumiati yang tengah dirawat di RS Kings Fahd Madinah. Dari kunjungan itu diketahui bahwa kondisi Sumiati sangat memprihatinkan. Hampir seluruh bagian tubuh, wajah dan kedua kakinya mengalami luka-luka.

Bahkan, media massa setempat memberitakan bahwa Sumiati mengalami luka bakar di beberapa titik, kedua kakinya nyaris lumpuh, kulit tubuh dan kepala terkelupas, jari tengah kanan retak, alis mata rusak. Yang paling parah dari semua itu adalah bagian atas bibir putus karena diduga akibat digunting majikannya.

Kasus kekerasan Sumiati ini pun mendapat perhatian dari masyarakat Indonesia dan juga perhatian yang serius dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, SBY menyebut kasus Sumiati ini sebagai berita yang mengejutkan.

"Secara lisan, saya sudah berbicara kepada Menlu (Marty Natalegawa) agar ditangani sangat serius. Itu luar biasa, penyiksaan yang dilakukan terhadap saudara kita, saudari Sumiati. Saya ingin hukum ditegakkan, saya ingin diplomasi all out," kata presiden. Presiden menginginkan adanya sebuah misi yang berangkat ke Arab Saudi untuk membantu sekaligus melihat kondisi Sumiati dan memastikan dia mendapatkan perawatan dan pengobatan terbaik.

"Penegakan hukumnya. Saya dengar berita aktanya, ada upaya-upaya untuk mengaburkan. Jangan sampai terjadi, kebenaran harus ditegakkan. Dan di atas segalanya, segera dilakukan langkah-langkah yang tepat," tandasnya.

Semoga keadilan bisa ditegakkan buat Sumiati. Semoga juga dia tabah dan mendapatkan perawatan yang terbaik sehingga luka-luka yang dia derita bisa pulih dan kembali sehat. Tuhan berikan jalan keluar yang terbaik buatnya dan para TKI yang bekerja di negeri orang, semoga mereka semua mendapatkan perlakuan yang baik dimanapun mereka berada.

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :