Share this article :

Investasi Untuk Hari Tua

 Mon December 8th, 2008
 2283

Apa yang anda lakukan saat gaji sudah di tangan? Apakah membeli handphone keluaran terbaru? Mengganti baju kerja yang sudah terlalu sering dipakai? Atau mencoba berwisata kuliner bersama rekan sejawat? Pernahkah anda berpikir menyisihkan sebagian penghasilan anda untuk masa tua? Bila anda ingin menikmati masa tua tanpa mengalami kesulitan keuangan, sebaiknya anda mempersiapkan tabungan hari tua secara konsisten. Dan mulailah sekarang juga.

Usia kerja produktif berakhir pada saat, anda memasuki usia 55 tahun. Sayangnya tingkat kesadaran masyarakat Indonesia (pekerja kantoran) dalam mempersiapkan tabungan hari tua masih rendah. Hal ini dibuktikan oleh riset yang dilakukan oleh Citibank bersama mitra riset Citigroup Asia-Pasific, CxC Consulting, akhir tahun lalu terhadap 400 responden di berbagai daerah di Indonesia. Hasilnya, sekitar 3% tidak tahu apakah tabungan mereka cukup atau tidak. 58% mengaku memiliki keterbatasan informasi mengenai cara pengelolaan keuangan. Sisanya, sebanyak 39% mengandalkan bantuan keuangan dari anak-anak.

 

Menurut Joannes Widjajanto CFP, perencana keuangan dari Shildt Financial Planning, Jakarta, anda harus menyiasati dengan lebih bijaksana. Ada beberapa sumber tabungan hari tua yang bisa dimanfaatkan, antara lain :

 

Jamsostek dan uang pesangon

Jika anda peserta jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), setiap bulan gaji pokok anda akan dipotong sebesar 2%. Selain itu, uang pesangon juga bisa dimanfaatkan untuk tabungan hari tua. Besarnya tergantung pada peraturan perusahaan.

 

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Dana pensiun dari lembaga keuangan seperti bank bisa dijadikan pilihan. Caranya dengan menyetorkan sejumlah uang dengan besaran yang sudah disepakati. Awalnya, setoran maksimal hanya 20% tapi sejak tahun 2005, Menteri Keuangan mengeluarkan kebijakan yang memungkinkan penabung menyetorkan hingga 100% dari gajinya.

 

Asuransi Kesehatan

Umumnya, kondisi kesehatan di hari tua akan menurun tajam disertai dengan beberapa problem kesehatan. Untuk itu, anda bisa memilih asuransi kesehatan sebagai alternatif tabungan. Perlu diingat, memiliki asuransi kesehatan sama artinya dengan mengalihkan biaya yang harus anda keluarkan, menjadi tanggungan pihak asuransi. Dan semakin dini anda mengikuti asuransi, semakin kecil premi yang harus anda bayar.

 

Investasi
Salah satu bidang yang dilirik dan cenderung diminatai adalah investasi di bidang properti berupa rumah kos atau kontrakan. Atau investasi berupa reksanadana yang cenderung lebih menguntungkan dibanding deposito yang terkena pajak dan inflasi.

 

Wiraswasta/Bisnis
Kalau alternatif ini yang dipilih, sebaiknya anda tetap mempersiapkan tabungan hari tua.

 

Tidak pernah ada salahnya untuk mempersiapkan sesuatu. Ada kata bijak berkata bahwa "Gagal mempersiapkan berarti mempersiapkan kegagalan." Sekalipun kehidupan kita ditangan Tuhan, namun Anda memiliki kehendak bebas bagaimana ingin menjalaninya. Tentukan sendiri kehidupan seperti apa yang ingin Anda jalani.

Sumber : Wikimu/VM

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :