Ajak Bayi Anda Mengobrol

Parenting / 12 December 2005

Kalangan Sendiri

Ajak Bayi Anda Mengobrol

Fifi Official Writer
3654
Orangtua dan perawat dapat membantu proses pengembangan otak secara positif. Diane Bales, Ph.D, asisten profesor dan spesialis perkembangan manusia dari Departemen Perkembangan Anak dan Keluarga, Universitas Georgia, Athena, Yunani, memberikan beberapa cara penting agar otak bayi bisa berkembang baik.

1. Perlu diingat bahwa perkembangan otak sudah dimulai sejak janin berada dalam kandungan. Nutrisi yang baik membuat perbedaan yang nyata dalam perkembangan otak sebelum bayi lahir. Stimulasi dengan memperdengarkan musik klasik sudah dipercaya berhasil meningkatkan kinerja otak kanan bayi.

2. Pastikan bayi merasa aman dan nyaman. Segera respon tangisan bayi dan beri ia perhatian. Bayi akan stres, manakala ia merasa lingkungannya tidak aman atau orang yang merawatnya tidak cepat merespon dirinya. Stres yang terjadi dapat memperlambat proses perkembangan otak.

3. Ajak ngobrol bayi Anda. Saat ia bersuara, ikuti sambil tersenyum kepadanya. Bicarakan hal-hal yang sedang Anda lakukan bersama. Interaksi tatap muka membangun hubungan otak yang diperlukan untuk kemampuan berbahasa dan ikatan emosional yang sehat.

4. Mulai membacakan cerita sejak dini. Mendengarkan orang dewasa membaca, membantu pengembangan otak untuk bahasa. Ini juga memberi kesempatan bagi orangtua dan bayi untuk meluangkan waktu bersama. Dan membaca buku cerita membantu bayi untuk mencintai buku.

5. Pilih tempat perawatan anak yang berkualitas tinggi. Agar perkembangannya sehat dan baik, bayi butuh sensitivitas, kasih sayang, dan stimulasi pengalaman. Pilih jasa layanan perawatan atau penitipan anak yang berinteraksi secara hangat dengan bayi Anda. Tentu saja dengan lingkungannya yang aman dan bersih, rasio bayi dengan orang dewasa cukup rendah, mengerti bagaimana agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara baik.

6. Cari informasi sebanyak-banyaknya. Informasi tentang perkembangan otak bayi bisa diperoleh dengan mudah saat ini. Selain dokter, literatur seperti buku-buku maupun internet dapat Anda akses. Ada beberapa situs yang menyediakan ruang tanya jawab bila Anda ingin mengajukan pertanyaan.
Halaman :
1

Ikuti Kami