5 Kebutuhan Dasar

Single / 12 December 2005

Kalangan Sendiri

5 Kebutuhan Dasar

Fifi Official Writer
9189
Dalam menjalin hubungan dengan pasangan kita, kadang kita merasa dan berpikir bahwa kita secara otomatis telah memenuhi kebutuhan pasangan kita. Padahal....

Sebagian besar dari kita berasumsi bahwa kebutuhan kita adalah kebutuhan pasangan kita juga. Kemudian di akhir cerita kita baru sadar bahwa ternyata wanita dan pria punya kebutuhan yang jauh berbeda dalam sebuah hubungan. Dari kurang lebih 700 pasangan yang diwawancarai oleh sepasang konselor pernikahan bernama Gary and Barbara Rosberg, mereka menemukan daftar 5 hal yang paling dibutuhkan oleh pria dan wanita dalam sebuah pernikahan.

Hal nomor satu yang paling dibutuhkan oleh wanita ialah DICINTAI TANPA SYARAT. Hanya Tuhan yang mampu memenuhi kebutuhan ini. Karena itu, satu hubungan harus berdasarkan kasih Tuhan yang sejati, agar hal ini bisa terpenuhi.

Jika ini adalah hal pertama yang dibutuhkan oleh wanita, lalu apa yang paling dibutuhkan pria? Ternyata pria pun memiliki kebutuhan yang sama persis. Didalam hubungan, mereka butuh untuk dicintai tanpa syarat dan diterima seutuhnya dengan segala kelebihan dan kekurangan mereka. Pria butuh diterima tanpa perlu banyak dihakimi atau dikritik.

Hal nomor dua yang paling dibutuhkan oleh pria ialah KEINTIMAN SEKSUAL. Terkejut? Jangan. Ini memang kebutuhan mendasar dan alamiah dari setiap manusia tertutama pria. Kebutuhan nomor dua wanita juga ada hubungannya dengan keintiman. Namun ada yang berbeda. Jika keintiman yang pria maksud dapat dieja dengan 4 kata yaitu "s-e-k-s", keintiman yang wanita maksud ialah KEINTIMAN EMOSIONAL yang dapat dieja dengan "b-i-c-a-r-a". Karena itu setiap pasangan harus bisa pintar-pintar saling memberi dan menerima dalam kebutuhan nomor dua ini. Pria butuh disentuh , sedangkan wanita butuh untuk selalu berkomunikasi dan berbagi dengan pasangannya. Inilah saatnya untuk menyadari bahwa wanita dan pria memang diciptakan untuk saling melengkapi satu sama lain.

Hal nomor tiga yang paling dibutuhkan oleh wanita ialah KEINTIMAN SPIRITUAL. Hubungan dengan pasangan harus tercipta bukan hanya secara daging, tapi secara spiritual juga. Jika ini tercipta, maka pasangan yang menikah akan bisa setia terikat selamanya dengan Tuhan sebagai penyatu. JIka ini terjadi, maka dalam menghadapi masalah seberat apapun dimana manusia sudah kehabisan akal dan kehabisan cara untuk menghadapinya, maka Tuhanlah yang akan bertindak. Keintiman spiritual seperti ini juga menjadi kebutuhan oleh pria namun ada di posisi nomor lima.

Hal nomor empat yang sama-sama dibutuhkan oleh pria maupun wanita ialah DORONGAN dari pasangannya. Ternyata mengetahui bahwa pasangan kita adalah orang yang akan selalu memberi motivasi dan dorongan terbesar untuk kita adalah kebutuhan yang penting.

Hal nomor lima yang paling penting bagi wanita ialah PERSAHABATAN. Bagi pria, hal ini adalah nomor tiga terpenting dalam hidup mereka. Bukankah sangat menyenangkan jika pasangan kita merupakan sahabat kita yang terdekat pula? Teman curhat terbaik, orang yang paling bisa dipercaya, orang yang paling mengerti dan orang yang paling bisa diandalkan dalam segala hal dan setiap waktu. Bagi pria terutama, memiliki teman adalah hal yang sangat penting. Banyak pria yang kadang memilih teman ketimbang pasangan mereka. Alangkah baiknya jika pasangan mereka dapat berperan sebagai teman terbaik mereka.

Itulah 5 hal yang paling dibutuhkan oleh pria dan wanita dalam pernikahan. Dan sebagai tips terakhir, sesibuk apapun aktivitas anda setiap hari sebagai individu, sempatkan waktu minimal 15 menit untuk berpisah dari lingkungan ramai bahkan dari anak-anak sendiri untuk menghabiskan waktu berkualitas berdua saja! Suami bisa memeluk dan mencium istri sambil mendengar (ingat, mendengar saja cukup, tidak perlu sampai berusaha menyelesaikan masalah), dan istri pun bisa memberi kehangatan yang dibutuhkan suaminya. Saling mengerti, saling memahami.
Halaman :
1

Ikuti Kami