Headline News

Menhan Klaim Indonesia Adalah Negara Terkuat di Asia Tenggara


- Jawaban.com -
View: 4832 times

Indonesia adalah negara terkuat di kawasan Asia Tenggara, demikian klaim Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro pada saat rapat dengan anggota Komisi I DPR RI di Jakarta, Selasa (31/8).

Sebagai bukti ucapannya, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pun menceritakan tiga peristiwa yang menunjukkan betapa diseganinya tentara laut Indonesia oleh negara-negara lain.

"Pernah ada kapal nelayan suatu negara yang dikawal kapal perang dari negara yang lebih besar dari Malaysia. (Mereka) ketemu dengan patroli laut kita. Kita dorong mereka keluar dari wilayah perbatasan. Dan dalam banyak kesempatan, kita tahan nelayannya," ujar Purnomo.

"Kedua, pada tahun 2002, ada suatu perjanjian bahwa daerah di perbatasan itu statusnya status quo. Pada waktu itu, negara tetangga membangun gedung pertanian, bea cukai, dan segala macam di wilayah perbatasan. Oleh anak-anak kita, itu dibongkar semua. Itu suatu bukti anak-anak kita di lapangan tidak main-main dengan kedaulatan negara," lanjutnya.

Peristiwa ketiga, kata Alumni ITB Jurusan Teknik Tahun 1974 tersebut, adalah ketika ia berbincang-bincang dengan komandan lapangan negara tetangga yang saat itu baru saja mengikuti latihan gabungan bersama dengan tentara dari Angkatan Laut Indonesia.

Para komandan lapangan tersebut, terangnya, mengakui kekuatan armada Indonesia tidaklah kalah dengan kekuatan dari negara-negara lain yang ada di ASEAN. "Jadi, inilah dasar saya untuk membuat statement bahwa negara kita sebenarnya kuat. Negara kita terkuat di ASEAN. Hanya saja, kadang-kadang di antara kita itu suka meremehkan. Itu yang bikin kita sedih," pungkasnya.

Dengan keyakinan tinggi, Menhan menjamin peristiwa penangkapan tiga pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan oleh Kepolisian Diraja Malaysia akan lain cerita jika saja anggota TNI AL berada di lokasi kejadian. "Jika TNI AL ada, itu urusannya jadi lain. Saya bisa kasih insurance untuk itu," ucap Purnomo.

Pak Menhan bisa saja berbicara. Kalau memang tentara laut kita adalah yang terkuat di ASEAN, Pulau Sipadan dan Ligitan tidak akan pernah lepas dari negeri ini dan kepolisian dari negara tetangga lain tidak dapat seenaknya masuk ke kawasan Indonesia. Memang lagi dimana patroli TNI AL ketika Polisi Diraja Malaysia menangkap tiga pegawai KKP? Perlu bukti yang lebih ditunjukkan pemerintah untuk meyakinkan rakyat bahwa tentara Indonesia berkuasa di wilayahnya sendiri.



Apakah Anda diberkati oleh artikel di atas? Anda ingin mengalaminya? Ikuti doa di bawah ini :

Tuhan Yesus, aku menyadari bahwa aku seorang berdosa yang tidak bisa menyelamatkan diriku sendiri. Aku membutuhkan Engkau. Aku mengakui bahwa aku telah berdosa terhadap Engkau. Saat ini aku minta agar darah-Mu menghapuskan segala kesalahanku. Hari ini aku mengundang Engkau, Tuhan Yesus, mari masuk ke dalam hatiku. Aku menerima Engkau sebagai Tuhan dan Juru Selamat satu-satunya dalam hidupku. Aku percaya bahwa Engkau Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit untuk menyelamatkan dan memulihkanku. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin!


Saya sudah berdoa dan mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat secara pribadi


Comments: 4

hd : 2010-09-02 10:50:34
UNTUK MENGETAHUI RANGKING DUNIA KEKUATAN MILITER INDONESIA BISA DI LIHAT DI www.globalfirepower.com

HD : 2010-09-02 10:44:46
INDONESIA ADALAH NEGARA DENGAN KEKUATAN MILITERNYA DI RANGKING 14 DUNIA,Sedangkan Malaysia dan singapore tidak menduduki peringkat 30 besar,jadi ngapain kita takut sama malaysia..untuk peringat pertama di pegang oleh Amerika.

Ryoma-kun : 2010-09-02 10:04:21
Setiap orang sih bisa aja ngomong kecapnya nomer satu. Kalau ga terbukti sih... sama aja bohong. XD

Luca : 2010-09-01 05:50:22
Tapi gimana ya pak, kalau nggak uji coba tempur beneran, mana ada yang percaya. Di atas kertas- teory- saya baca mantra , negara tetangga tergulung habis, itu hebatnya saya. tapi saya belum mau buktiin. menurut teman-teman jawara-jawara ahli kodrati bilang, saya yg terbaik di dunia.....he..he,,.he,,



Teaching