Teaching

Tiga Langkah Doa Bagi Orang Sakit


- Jawaban.com -
View: 17715 times

Selama bertahun-tahun, model pekabaran injil telah menjadi populer dan diterapkan dengan sukses. Saat ini model Alpha menarik jiwa baru mengenal Tuhan secara ekstrem telah berhasil diterapkan dalam berbagai denominasi. Ketika kita melakukan pendekatan pada subyek kesembuhan, bagaimanapun, keberatan dapat hampir selalu terdengar dalam beberapa lingkup orang Kristen jika topik model pelayanan penyembuhan ini dibicarakan.

Seseorang mungkin bertanya : "Bagaimana kami bisa memiliki model kesembuhan? Bukankah Tuhan sendiri yang menyembuhkan?". Jawaban untuk pertanyaan kedua tidak ragu lagi dijawab "ya". Tujuan dari model penyembuhan bukanlah untuk dogmatika pelayanan mendoakan orang sakit dan mengusir roh jahat. Tidak juga diasumskan bahwa mengikuti semua langkah model yang ada di Alkitab akan menjamin terjadinya kesembuhan bagi orang yang didoakan. Lebih dari itu, ini untuk menyediakan tuntunan untuk mereka yang terlibat dalam pelayanan penyembuhan, selain itu memberikan beberapa tugas untuk mereka yang berdoa, atau hal yang dapat dikesampingkan sebagai jaminan pelayanan doa.

Yesus melayani orang sakit dan mengusir setan dengan berbagai macam cara : Dia pernah meludah ke tanah dan membuat gumpalan lumpur tanah lalu mengoleskannya pada mata yang buta; Dia menghardik demam; Dia memerintahkan roh tulis dan bisu untuk keluar; Yesus bahkan mengundang pertanyaan dari orang yang Dia doakan sebelum dan selama pelayananNya. Singkatnya, Yesus jarang sekali melakukan pelayanan dengan cara yang sama sepanjang waktu. Yohanes 5:19 mengatakan Yesus hanya melakukan apa yang BapaNya lakukan, jadi kita dapat mengasumsikan Yesus "selalu tune in" dengan BapaNya dan melakukan pelayanan kesembuhan kala dipimpin Roh. Demikian juga, sejak setiap orang yang kita doakan adalah pribadi yang unik, maka kita perlu melakukan pendekatan pada setiap kesempatan pelayanan doa baik "rencana aksi" yang umum (seperti model yang diberikan oelh Tuhan Yesus) seperti halnya mendengar tuntunan Roh Tuhan untuk apa yang mungkin Tuhan inginkan untuk kita lakukan sesuai waktu dan tempatnya - dan itu semua melalui kehidupan kita.

Beberapa mungkin mengatakan : "Yeah, Tuhan tidak memberi pada kita model berdoa". OK baik, Bagaimanapun Dia juga tidak pernah memberikan pada kita pola penyebaran Injil. Tuhan Yesus hanya mengatakan : "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk". (Markus 16:15) dan Dia juga mengatakan : "Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku" (Matius 28:19). Seperti saya jelaskan diatas, kita tahu bahwa 2000 tahun sejak saat itu, gereja telah menciptakan beberapa model untuk menggapai mereka yang belum percaya pada Tuhan. Yesus sendiri tidak memberikan pada kita model denominasi, namun kita telah melakukan pekerjaan luar biasa dengan menciptakan golongan diantara kita sendiri. Pada kenyataannya, kita telah menciptakan model untuk hamper semua hal-hal yang kita lakukan sebagai orang Kristen dan institusi Kristen, banyak kali tanpa menyadarinya.

Sejak satu studi ajaran Kristen mengungkapkan bahwa pelayanan terhadap orang sakit dan mengusir setan menyertai kotbah Yesus tentang kerajaan Allah, saya percaya itu membuat kesadaran untuk menciptakan sejumlah panduan untuk tahu bagaimana kita menjadi efektif dalam penginjilan dan membangun denominasi kita.

Apa yang saya berikan dalam artikel ini diringkas dalam model tiga langkah yang siapapun dapat gunakan ketika berdoa untuk mereka yang sakit. Sebelum setiap langkah dilakukan, mintalah Roh Kudus untuk datang dan memberitahu anda apa yang harus dilakukan. Tuhan tahu anda dan Dia juga tahu tentang orang yang anda doakan. Dia juga tahu bahwa Tuhan Bapa akan ada dalam setiap kasus yang anda layani. Tiga langkah ini meliputi :

1. Berdoa dengan jelas

Contoh : Jika seseorang menderita depresi, maka doa yang simple dan jelas mungkin akan mengandung satu atau lebih pernyataan seperti dibawah ini :

  • "Tuhan, sembuhkan dan bebaskan (sebutkan namanya)... dari depresi, dalam nama Yesus".
  • "Dalam nama Tuhan Yesus, saya mengambil otoritas terhadap depresi dan semua penyebab kondisi buruk yang ada dalam hidup dan tubuh (sebutkan namanya)...
  • "Saya memerintahkan depresi untuk meninggalkan (sebutkan namanya)... dalam nama Tuhan Yesus"....
  • "Dalam nama Yesus saya berkati (sebutkan namanya) dengan damai sejahtera, sukacita dan pengharapan"...

Biarkan Roh Kudus membimbing anda bahkan ketika anda mendoakan kata-kata yang fokus sekalipun. Kata-kata yang kita gunakan, perintah yang kita berikan, dan tindakan penuh kewenangan yang kita ambil tertanam dengan kuasa yang lebih besar jika Roh Kudus kita ijinkan memimpin kita.

2. Berdoa meminta pengertian yang lebih besar

Jika berdoa dengan penuh kejelasan bekerja (orang yang didoakan menjadi sembuh), langkah ini mungkin tidak diperlukan. Bagaimanapun anda dapat masih melakukan langkah ini untuk minta Roh Kudus jika ada follow up (secara doa) atau orang yang didoakan perlu untuk melakukannya. Tentu, jika orang yang didoakan tidak sembuh atau jika kondisi orang itu semakin membaik, langkah ini mungkin menolong menjelaskan penyebab masalah dan strategi doa yang mungkin.

Dalam langkah ini, kita melihat pengertian yang spesifik dari Roh Kudus tentang apa dan bagaimana kita harus berdoa. Kita mungkin merasakan kebutuhan untuk berdoa secara jelas dengan lebih teguh hati. Mungkin ada "penyebab tersembunyi" untuk kondisi orang tertentu dan tanpa pengertian Roh Kudus maka penyebab yang tersembunyi itu tidak akan bisa dikenali. Waspadalah - langkah ini mungkin membutuhkan waktu, ketetapan hati, dan mau menerima pengolahan hal-hal bersifat spiritual melalui keintiman anda dengan Tuhan.

Apakah langkah satu dan dua ini menolong orang sakit dan mengusir roh jahat yang ada padanya atau tidak menolong, langkah tiga ini dibutuhkan oleh pelayanan itu sendiri.

3. Berdoa memohon kesiapan

Mintalah Tuhan untuk menolong memperbaiki manajemen waktu dan memberi prioritas sehingga anda dapat selalu siap untuk kesempatan pelayanan. Ayat suci dengan jelas mengatakan bahwa kita adalah Tubuh Kristus, dan setiap dari kita membiliki fungsi dan mendapat karunia yang berlainan. Bagaimanapun, ketika yang satu sakit, kita semua ikut menderita (1Korintus 12:26 : Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.). Ini seharusnya membuat kita semangat untuk bersiap-siap jika Tuhan punya hasrat untuk memakai kita dalam pelayanan penyembuhan atau memulihkan seseorang. Jika orang yang sakit itu bukanlah seorang yang percaya, pelayanan kesembuhan dapat memberikan kita kesempatan untuk memberitakan kabar baik bagi hidup mereka tentang pribadi yang dapat menyembuhkan - dan itu semua kita lakukan untuk kebesaran nama Yesus dan gerejaNya.

Tuhan hanya ingin kita untuk menjadi siap - Di akan melakukan mujizat-mujizat itu, melalui kita.


Klik Disini untuk Melihat Profil Penulis

Apakah Anda diberkati oleh artikel di atas? Anda ingin mengalaminya? Ikuti doa di bawah ini :

Tuhan Yesus, aku menyadari bahwa aku seorang berdosa yang tidak bisa menyelamatkan diriku sendiri. Aku membutuhkan Engkau. Aku mengakui bahwa aku telah berdosa terhadap Engkau. Saat ini aku minta agar darah-Mu menghapuskan segala kesalahanku. Hari ini aku mengundang Engkau, Tuhan Yesus, mari masuk ke dalam hatiku. Aku menerima Engkau sebagai Tuhan dan Juru Selamat satu-satunya dalam hidupku. Aku percaya bahwa Engkau Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit untuk menyelamatkan dan memulihkanku. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin!


Saya sudah berdoa dan mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat secara pribadi


Comments: 5

lynn : 2013-12-31 08:17:22
Saya suka article ini..i feel blessed...doakan ibu saya jija mangadil sembuh dan dapat jalan semula.doakan juga duinol mangadi sembuh dari lumpuh..

victor david : 2013-07-21 09:24:24
Ibu /bapak pendeta saya mohon dukungan doa atas penyakit pembengkakan dalam tenggorokan saya hingga menganggu jalan pernapasan saya...trimakasih. halleluya..

Daisy Arimetha : 2013-05-27 13:12:09
minta tolong ya buu.. Doakan saya biar smbuh batin dan raga.. Soalnya aq gag tau bu penyakit ap yg q derita ini terimkasih

daniel : 2012-05-17 22:21:42
Bapak/Ibu pendeta mohon di Doa kan ibu saya (Ibu Sofia Raku) di Makassar saat ini sedang sakit Tumor mau dioperasi di sekitar tgl 23/mei/2012 Mohon DOA dalam Kesembuhan Illahi.Amin

Ryan : 2010-11-03 04:27:46
diberkatilah orang yg mengandalkan Tuhan Yesus Amin pak buk pandeta tolong doakan saya,saat ini saya sdang mnglami sakit, dan psangan saya sdng mnglami tkanan batin, jdi mhon didoakan trimakasih, Tuhan Yesus brkati Kita , Amien



Teaching