Christian Hot News

Fenomena Pelayanan Minyak Urapan Pdt. Drs. Y. Pariadji


- Jawaban.com -
View: 51477 times
Belakangan ini ada salah satu denominasi gereja di Jakarta yang begitu konsisten memperkenalkan pelayanan 'Minyak Urapan' dengan cara penyampaian yang spektakuler sehingga menarik ribuan jemaat untuk berjemaat, dan tentu saja berdampak pada pertumbuhan gereja tersebut yang boleh dikatakan sebagai salah satu gereja terbesar di Jakarta saat ini.

 

Namun praktek pelayanan 'minyak urapan' ini tidak sepi kritik bahkan banyak pertanyaan diajukan banyak pihak karena praktek pelayanan tersebut masih banyak dianggap tidak lazim dilakukan di kalangan Kristen.

 

Majalah BAHANA edisi April 2001 silam pernah mengulas praktek ini dengan judul 'Pdt. Drs. Y. Pariadji: Sejak Lahir Sampai Mati Manusia Perlu Minyak Urapan' (hlm.27). Dipaparkan bahwa beliau adalah pendeta yang mengaku rohnya pernah diundang Tuhan menghadap takhta-Nya di surga dengan diantar Rasul Petrus itu dalam setiap warta jemaat GBI Tiberias dituliskan, bahwa:


1. Firman Allah mengajar manusia bahwa diperlukan minyak urapan sejak manusia lahir di bumi sampai kepada kematiannya. Bahkan Allah sendiri untuk kehadiranNya di Bait Allah memerintahkan Nabi Musa untuk menguduskannya lebih dahulu dengan minyak urapan. Hal tersebut untuk selanjutnya harus dilakukan secara turun-temurun bagi orang Kristen. Minyak urapan diperlukan dalam hidup umat sehari-hari dan dalam rumah tangganya;

2. Minyak Urapan memegang peranan penting dalam penyerahan anak, ini didasarkan Imamat 8:1-2 dimana disebutkan bahwa anak-anak Harun harus diserahkan dan ada sarana minyak urapan, roti tidak beragi dan korban darah. Dengan mengutip Matius
18:10 dan Lukas 10:18-20 ditulis bahwa "Tuhan Yesus menyatakan dan menjanjikan bahwa ada para malaikat dari Surga yang akan menjaga dan melindungi anak-anak. Alkitab yang mengatakan harus ada sarana-sarananya, yaitu dengan kuasa minyak urapan. Sejak manusia lahir di bumi perlu minyak urapan agar tidak diganggu setan-setan dan roh-roh jahat. Maka anak-anak kecil perlu diserahkan agar sehat sentosa, agar tidak mengalami kecelakaan dan bebas dari marabahaya."

 

Diceritakan juga di BAHANA bahwa ada jemaat yang secara tidak sengaja matanya yang juling terkena cipratan minyak urapan langsung sembuh dan normal kembali, bahkan ada rumah yang kebanjiran, setelah saluran-saluran air yang mampet disiram dengan minyak urapan, airnya langsung lancar dan menjadi kering dan bebas banjir.

 

Sungguh fenomenal memang praktek pelayanan "Minyak Urapan" yang diajarkan oleh 'Pdt. Drs. Y. Pariadji ini. Bahkan di suatu kesempatan beliau juga pernah menyampaikan pernyataan sebagai berikut :

 

"Dalam perjalanan selama 10 tahun, Tuhan Yesus telah memberkati GBI Tiberias luar biasa.... Bukan saja saya diberikan penglihatan-penglihatan dan janji Tuhan Yesus akan menyembuhkan puluhan ribu orang, lebih dari 10.000 orang, saya pernah diberikan penglihatan di alam roh, setan-setan dan roh-roh jahat berduyun-duyun datang dan berlutut di kaki saya, dan memohon: Pariadji, jangan siksa kami."

 

Kembali kepada tujuan penulisan artikel ini yang tidak bertujuan untuk menilai salah atau benar, perihal praktek pelayanan "Minyak Urapan ini". Dimana kami hanya bertujuan untuk mengangkat tentang fenomenanya saja yang sungguh terdengar gaungnya di seantero nusantara ini.

 

Biarlah kita lihat saja buahnya, bukankah dari buahnya kita akan bisa menilainya sendiri tentang kebenaran suatu pemahaman dan paradigma?



Apakah Anda diberkati oleh artikel di atas? Anda ingin mengalaminya? Ikuti doa di bawah ini :

Tuhan Yesus, aku menyadari bahwa aku seorang berdosa yang tidak bisa menyelamatkan diriku sendiri. Aku membutuhkan Engkau. Aku mengakui bahwa aku telah berdosa terhadap Engkau. Saat ini aku minta agar darah-Mu menghapuskan segala kesalahanku. Hari ini aku mengundang Engkau, Tuhan Yesus, mari masuk ke dalam hatiku. Aku menerima Engkau sebagai Tuhan dan Juru Selamat satu-satunya dalam hidupku. Aku percaya bahwa Engkau Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit untuk menyelamatkan dan memulihkanku. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin!


Saya sudah berdoa dan mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat secara pribadi


Comments: 112

Theo : 2014-02-04 00:49:47
Shlm...Kenapa kita harus berdebat ketika adanya pelayanan fenomenal dari seorang hamba-Nya?Bukan justru krn itu kita harus bersuka cita krn Tuhan ditinggikan?Pelayanan minyak dan anggur sangat Alkitabiiah bahkan wahyu 6.telah difirmankan \"tetapi jangan rusakkan minyak dan anggur itu.\"Saya bukan jemaat Tiberias dan saya seorang hamba Tuhan dari denominasi berbeda...dan yang ingin saya saksikan mukjizat yg terjadi melalui pelayanan Pdt.Pariadji nyata dan fenomenal...Kebetulan didalam jemaat binaan saya, anaknya yg sdh divonis dr tdk ada harapan krn otaknya terserang virus yg merusak seluruh jaringan otak dan anak itu secara fisik saat itu lumpuh total spt mayat hidup.Keluarga ini berasal dari Bali dan seluruh harta mereka habis untuk mengusahakan pengobatan putri mereka dan disaat putus asa dan stress. Keluarga yg masih blm percaya ini (non kristen) diajak ke surabaya oleh saudarranya yg Kristen untuk didoakan dan ketika itu mereka dengar pelayanan mukjizat di Tiberias dan mereka membawa anak yg sakit itu dan saat itu Dilayani oleh Pdt.Pariadji...Singkat anak tersebut didoakan oleh beliau dan diurapi minyak uraian dan seketika itu anak yg lumpuh itu berdiri dan berjalan. Dan juga anak itu diberikan perjamuan kudus.Praise the Lord.Dampak dari kesembuhan yg fenomenal itu membawa keluarga ini bertobat dan saya sendiri yg membaptis orang tua anak tsb utk menerima Tuhan Yesus sbg Tuhan dan juru selamat.Dari kisah diatas alangkah baiknya kita tdk saling mengkritik pelayanan siapapun...apakah pelayanan kita lebih baik dan kuasa Tuhan dinyatakan?Selama itu didoakan didalam nama Tuhan Yesus dan nama Tuhan ditinggikan, sudah selayaknya kitapun bersuka cita.... jika ada hal-hal yg mg dianggap tdk sejalan atau sepaham hendaknya tdk diperdebatkan krn ihal itu sama kita menjadi hakim... biarlah semua hanya Tuhan saja yg pada akhirnya mjd hakim bg semua org.Tuhan memberkati kita semua...

dodol : 2013-12-06 11:01:31
@ Tomas Akuino : minyak angin kalee y?

Tomas Akuino : 2013-10-02 19:35:10
Ketika adikku merasa pusing segabis nonton Jatilan, maka saya langsung berdoa. Dan Tuhan memberi jawaban untuk memakai minyak urapan. Tadinya aku ragu, tetapi aku melihat adikku berjalan ke arah minyak itu, lalu segera juga aku menggunakan minyak itu untuk mengurapi adikku. Dan luar biasa, pusingnya hilang seketika itu juga. Puji Tuhan Halleluyah.

edi : 2013-10-01 07:54:01
Saudara-saudara yang dikasihani Tuhan Yesus, memang minyak urapan diijinkan dipakai untuk saluran mijijatNYA, bahkan Tuhan Yesus sendiri yang mengatakan dalam Markus6:13, dan Yakobus5:14. Tuhan Yesus juga bisa memakai air kolam Siloam untuk menyembuhkan orang lumpuh, Tuhan Yesus juga pernah memakai air ludah yang dicampur tanah untuk menyembuhkan orang buta. semua itu adalah sarana yang Tuhan Yesus pakai untuk menyalurkan mujijatNYA. tetapi yang terpenting adalah bukan sarananya tsb tetapi sumber mujijatnya yang harus kita imani, bukan minyaknya, air kolamnya, air ludahnya, dsb, tetapi Kuasa Tuhan Yesus itulah yang harus kita imani. Kalau Tuhan memakai minyak urapan sebagai saluran berkatNYA dan mujijatNYA, mengapa kita jadi gerah ? sebaiknya kita jangan terburu-buru menghakimi gara-gara fenomena tsb tidak dilakukan di gereja kita bernaung, dan bukan pendeta kita yang mempeloporinya. Saya sendiri pernah diminta Tuhan, memakai minyak untuk mengusir Setan yang mengganggu bapak mertua saya, saat itu banyak doa yang sudah dinaikan oleh anak-anak Tuhan untuk mengusir setan yang mengganggu bapak mertua, tetapi setan tidak mau pergi, dan hal itu terjadi selama 4 hari berturut-turut. pada hari ke 4 tiba-tiba saya digerakkan Tuhan untuk masuk ke salah satu kamar saudara ipar dan minta minyak, lalu saya berdoa dan Tuhan ijinkan saya berbahasa roh, dan tumpang tangan dibotol minyak tsb untuk impartasikan kuasa Tuhan ke minyak yang sudah didoakan, setelah selesai berdoa, minyak saya oleskan ke bapak mertua dan langsung setan pergi dan bapak sadar kembali dan tidak diganggu lagi sampai akhir hidupnya. saya lakukan hal tsb bukan karena diajari hamba Tuhan untuk pakai minyak urapan. nah . . . hidup adalah pilihan, kita akan mendukung doa mereka yang memakai minyak urapan untuk saluran mijijatNYA atau kita akan melawan mereka yang memakai minyak urapan, silahkan kita tentukan pilihannya, dan jangan lupa minta petunjuk dari Tuhan. GBU

apin : 2013-09-06 17:17:14
shalom, sy mau sedikit kasih saran aja, minyak urapan merupakan sarana yg dipakai oleh Tuhan utk menyembuhkan dan juga utk menguduskan, minyak urapan itu sendiri memiliki hal yg bersifat sakrar,krn Roh kudus yg bekerja didalamnya, jadi bagi mereka yg memahami arti minyak urapan ini,sebaiknya dipergunakan utk hal2 yg pentingnya saja,atau menurut kehendak Roh kudus,jgn disalah gunakan atau dijadikan sebagai \"jimat atau mistik\" itu dosa besar, berarti mendukakan Roh kudus, dan juga utk gereja yg menyebarkan minyak urapan ini sebaiknya di doakan dulu oleh hambaNya yg di tunjuk oleh Tuhan,jadi bukan sembarangan hrs sesuai keinginanNya, dan juga minyak urapan sebaiknya bahkan hrs diletakkan ke posisi yg layak krn itu sakrar dan juga klau membagikan hrs dgn sopan,bukan dilempar2. Tapi bukan berarti Tuhan selalu bekerja melalui minyak urapan! Tapi melalui kuasa RohNya Dia bekerja, yg terpenting skrg kita hidup kudus dan jaga hati,,

Next >>

Teaching