Harga Sebuah Perubahan
Sumber: Prestonbailey.com

Kata Alkitab / 8 August 2014

Kalangan Sendiri

Harga Sebuah Perubahan

Lori Official Writer
7433

Setiap kali Tuhan membawa kita menuju level kehidupan yang lebih tinggi lagi, akan ada tantangan baru yang diperhadapkan kepada kita. Bisa jadi kita menghadapi masa lalu yang seolah kembali datang, atau hal baru yang belum pernah kita tangani. Jika kita berencana untuk maju dalam hidup, maka ada harga yang harus dibayar.

 

Dalam 1 Korintus 16: 9, rasul Paulus mengatakan bahwa dalam kesempatan baru untuk memberkati banyak orang, kita akan diperhadapkan pada banyak sekali perlawanan dan penolakan. Akan tetapi, dalam 1 Yohannes 4: 4 ditekankan bahwa “..dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih daripada roh yang ada di dalam dunia”.

 

Terdapat empat tantangan yang harus kita hadapi untuk dapat mengalami peningkatan level kehidupan.

 

Perubahan membawa penolakan

 

Setiap kali kita meminta kepada Tuhan ‘ubahlah aku’, bukan semata bahwa kita akan segera berubah sesaat kita terbangun dari tidur. Tetapi, Tuhan akan memberi kita kesempatan untuk melalui prosesnya. Salah satu proses itu adalah lewat penolakan untuk bertumbuh seiring kita berubah. Jika kita mengatakan kepada Tuhan untuk mengubah cara mencintai kita, maka kadang kala Tuhan akan menghadirkan seseorang yang sulit mencintai sebagai tantangannya.

 

Dalam Yakobus 1 dijelasakan tentang betapa pentingnya tantangan untuk melatih kesabaran. Sabar adalah buah Roh yang perlu bertumbuh dan berkembang di bawah ujian. Yakobus 1: 4 mengatakan bahwa kita memiliki segala sesuatu, kita sempurna dan tidak kekurangan suatu appaun. Namun, tak ada jaan lagi untuk mencapai semua itu tanpa keberanian untuk sesuatu yang besar.

 

Bukan berarti segala hal yang kita hadapi adalah penolakan/perlawanan, bukan pula berarti bila si iblis akan selalu mencoba menghalangi langkah kita untuk melakukan apa yang Tuhan inginkan. Namun kesalahan terbesar yang sangat mungkin terjadi dalam diri kita adalah menoleh kebelakang dan memilih untuk tidak memilih agar Tuhan bekerja melalui kita untuk memberkati orang lain.

 

Bertekunlah

 

Saat Allah bekerja di dalam diri kita, maka Dia mendorong kita untuk tetap tabah, stabil dan bertekad untuk tidak pernah menyerah. Kita hanya perlu mengisi pikiran kita bahwa kita tak akan pernah menyerah saat diperhadapkan dengan tantangan.

 

Mungkin kita kerap bertemu dengan orang-orang yang telah mengalami banyak hal, namun tidak melakukan apa-apa dengan hidup mereka. Sebaliknya, ada orang yang hanya mengalami hal kecil di dalam hidupnya namun berani melakukan hal-hal besar. Kita hanya dituntut untuk tidak pernah menyerah.

 

Tak ada pencapaian tanpa luka

 

Tuhan telah menjamin bahwa kita akan diberkati. Dia menginginkan hidup kita penuh dengan kemakmuran (baca 3 Yohanes 1). Namun kita perlu mengetahui bahwa untuk mencapai hal itu, kita harus belajar taat terlebih dahulu. Belajar terluka bukan secara fisik namun emosional. Misalnya, belajar untuk ikhlas melepaskan sesuatu hal yang kita paling sayangi.

 

Dalam Markus, dijelaskan tentang perumpamaan seorang penabur dimana orang-orang yang sukses dan gagal menempuh cara berbeda untuk mencapai satu tujuan. Dibutuhkan ketaatan untuk mendengar firman Tuhan dan menerimanya dengan sukacita.

 

Pelaku bukan hanya pendengar

 

Berbicara tentang melakukan sesuatu memang sangat mudah. Namun hanya mendengar tidak akan dapat mengubah kehidupan kita. Namun dalam Yakobus 1: 25 disebutkan bahwa “Barang siapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya”.

 

Mari memilih menjadi pelaku firman sehingga progres dan berkat melingkupi kehidupan kita. Dan mari berani mencapai kemajuan dengan kebal terhadap penolakan dan rasa sakit yang pasti akan kita hadapi dalam prosesnya.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Inilah 8 Museum Alkitab Unik Amerika (2)

Lahirnya Generasi Berbagi

Angelique Widjaja, Bayar Harga Demi Raih Prestasi di Bidang Tenis

 

 

ISIS Gegerkan Indonesia, Ini Reaksi Pemerintah dan Pengamat Intelijen

 

 

Miliki 6 Hal Ini Pertanda Anda Sudah Siap Pacaran

Sumber : Joycemeyer.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami