Gereja Adalah Terang Dunia

Kata Alkitab / 10 December 2012

Kalangan Sendiri

Gereja Adalah Terang Dunia

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
13623

Matius 5 : 14

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.


Oleh karena Tuhan Yesus adalah terang dunia maka secara otomatis gereja juga adalah terang dunia. Kenapa demikian? Sebab gereja adalah tubuh Kristus yang ada di muka bumi ini, Yesus sebagai kepala dan gereja adalah tubuh-Nya.

Dengan kata lain keberadan dan kehadiran gereja berfungsi sebagai saksi hidup yang mewakili kehadiran Yesus untuk menjadi jawaban dan terang bagi manusia di dunia ini. ([kitab]yohan8:12[/kitab]; [kitab]matiu5:14[/kitab]; [kitab]kisah1:8[/kitab])

Tahukah Anda bahwa sebagai tubuh Kristus kita wajib hidup sama seperti Kristus. Jadi salah besar bila sebagai orang percaya kita tidak pernah berbuat baik atau pun melakukan suatu karya yang memberkati orang lain.

Perbuatan baik dan karya yang berdampak, yang sesuai dengan kebenaran Injil, yang kita beritakan dan saksikan kepada dunia, merupakan terang yang bercahaya di depan semua orang. Semakin kita berbuat baik dan berkarya untuk kebaikan orang lain, karena kasih Tuhan Yesus, maka semakin teranglah cahaya kita bersinar di tengah kegelapan dunia ini. ([kitab]matiu5:16[/kitab])

Sepatutnya bagi kita, sebagai anak-anak Allah yang telah mengecap kebaikan dan karunia Surgawi dari Roh Kudus, untuk bersaksi kepada dunia bahwa Yesus Kristus adalah Anak Tunggal Allah yang sanggup menyelamatkan dan mengubahkan manusia menjadi orang yang benar, berkenan dan berhasil memuliakan Allah Bapa.([kitab]yohan15:27[/kitab]; [kitab]yohan6:35,51[/kitab]; [kitab]yohan8:12[/kitab]; [kitab]yohan9:5[/kitab])

Namun bersaksi saja tidaklah cukup, setiap orang yang sudah dipenuhi Roh Kudus seharusnya hidup menjadi saksi. Sebab dengan ketiga hal itulah maka gereja TUHAN akan menjadi berhasil dalam memenuhi visi dan misi yang diamanatkan Kristus: Gereja adalah terang dunia.

1) Hidup Dipenuhi Roh Kudus

Supaya gereja mampu untuk hidup oleh Roh dan bukan dalam kedagingan maka gereja wajib dipenuhi oleh Roh Kudus. ([kitab]galat5:16-25[/kitab])

Demikian juga bila gereja ingin memiliki keberanian dan belas kasihan dalam bersaksi/menceritakan siapa Tuhan Yesus, maka gereja perlu dan harus dipenuhi Roh Kudus. Sebab demikianlah yang diperintahkan Tuhan Yesus kepada murid-murid pertama-Nya, dan demikianlah gereja mula-mula mampu bersaksi dengan penuh kuasa karena gereja Tuhan dipenuhi Roh Kudus. ([kitab]kisah4:31[/kitab])

2) Bersaksi Tentang Siapa Yesus

Ketika seseorang atau gereja dipenuhi dengan cinta Tuhan Yesus dan Roh Kudus-Nya otomatis gereja senang untuk mengagungkan nama Tuhan dan menceritakan siapa Tuhan itu dan seperti apa perbuatan-perbuatan baik-Nya. Baik dalam bentuk nyanyian maupun dengan bercerita secara lisan atau tulisan kepada kawan, pasangan, sahabat, anak, keluarga, orang tua dan kepada siapa pun yang ia temui atau kenal.

3) Hidup Menjadi Saksi atau Kesaksian

Begitu juga ketika orang Kristen dipenuhi Roh Kudus dan menghidupi apa yang telah diajarkan dan dicontohkan Yesus Kristus, maka orang lain di sekitarnya dapat merasakan kehadiran Tuhan, hatinya tergugah, pikirannya terinspirasi dan bahkan orang lain itu bisa menemukan Kerajaan Allah lewat hidup orang Kristen tersebut.

Hidup orang Kristen yang dipenuhi Roh Kudus, lalu bersaksi dan menjadi saksi akan menjadi daya tarik yang begitu kuat bagi jiwa-jiwa yang haus dan lapar akan kebenaran. Kesaksian mereka diteguhkan oleh buah dan kuasa Roh Kudus yang dapat dilihat, didengar dan dinikmati oleh orang lain.

Bagaimana mungkin mereka tidak salut dan tertarik bila melihat ada orang yang hidupnya melimpah dengan kebahagiaan atau sukacita walau melewati banyak penderitaan; Mengetahui ada orang yang tetap mengampuni dan berbuat baik sekalipun telah dirugikan; Atau mendengar ada orang yang sederhana namun penuh kuasa Tuhan bisa menyembuhkan orang sakit atau melakukan pekara ajaib; Atau melihat gereja Tuhan tidak berkekurangan karena gereja Tuhan saling menolong dan berkorban terhadap sesamanya.

 

Baca Juga :

Seperti Apa Kualitas Terang Hidupmu?

Merayakan Natal, Cherrybelle Tetap Kompak

Drogba Hadiahi Cincin 12,3 Milyar Untuk Kawan-Kawannya

Mengajarkan Arti Natal Yang Sebenarnya Kepada Anak

Pemuridan Adalah Amanat Agung

Penuh Dengan Roh Kudus

Sumber : jp.simamora l jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami