Kemerdekaan Membuat Kita Layani Orang

Kata Alkitab / 15 August 2010

Kalangan Sendiri

Kemerdekaan Membuat Kita Layani Orang

Lois Official Writer
5433

Sebentar lagi Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-65. Tentunya, selama 65 tahun perjalanan bangsa ini, ada banyak tantangan dan hambatan yang telah dihadapi dan masih banyak tantangan ke depannya yang akan dihadapi.

Mungkin di kantor-kantor, di sekolah-sekolah, dan di tempat lainnya akan memperingati hari kemerdekaan ini dengan mengadakan upacara bendera. Sudah berapa lama Anda tidak mengikuti upacara ini? Apakah Anda ingat ketika protokol upacara memberitakan jalannya upacara? Apakah Anda ingat panasnya hari-hari ketika Anda mengikuti suatu upacara? Apakah Anda ingat ketika lagu-lagu kebangsaan dilantunkan?

Setiap upacara yang pernah Anda lakukan, pasti membawa suatu kesan sendiri. Mungkin Anda merasakan bahwa Anda mengakui dengan sungguh-sungguh bahwa Indonesia adalah bangsa Anda, sekalipun Anda melihat kejelekan yang ada pada bangsa kita ini. Mungkin Anda menyanyikan lagu-lagu kebangsaan itu dengan sungguh-sungguh. Anda menghayati setiap kata yang terdapat di dalamnya. Mungkin Anda mengikuti jalannya upacara dengan bangga karena Anda menjadi salah satu bagian dari bangsa ini. Memang itulah yang harus ada dalam diri kita.

Kita merupakan bangsa besar yang terdiri dari ribuan suku dan berbagai macam bahasa daerah yang membentuk kesatuan. Meskipun negara kita terdiri dari lautan dan daratan yang terpisah-pisah, tidak menyebabkan halangan bahwa kita adalah bangsa yang besar dan kaya. Yang menjadi halangan yaitu apa yang ada dalam diri pribadi setiap penduduk bangsa ini.

Jadi hal yang paling penting untuk Anda terapkan yaitu mulailah melihat hal-hal yang baik yang ada pada bangsa ini. Jika Anda melihat kejelekan, doakanlah. Bertindaklah sebagai seorang warga negara yang baik. Kemerdekaan yang sudah kita terima sejak 65 tahun itu jangan disia-siakan. Jika diadakan Pemilu (Pemilihan Umum), tentukan suara Anda. Satu suara menentukan kemajuan bangsa ini.

Pertanyaan penting lainnya adalah apakah Anda sudah merdeka secara rohani? Kemerdekaan rohani sudah di tangan bila kita mempercayai Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat kita. 2 Kor 3:17 mengatakan,”Sebab Tuhan adalah Roh, dan dimana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.”

Setelah kemerdekaan itu kita dapatkan, baik secara jasmani maupun rohani, lantas apa yang akan kita lakukan selanjutnya? Menjalani hidup seperti biasanya? Kita adalah benih yang Tuhan taruh di dunia ini agar kita dapat bertumbuh dan berbuah lebat. Paulus mengatakan, “Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.” (Gal 5:13)

Jadi saudara-saudara sekalian, kita bangga kita hidup dalam bangsa Indonesia yang luar biasa ini. Kita tahu bahwa Tuhan tempatkan kita di sini dengan tujuan hidup masing-masing yang Tuhan mau dalam hidup kita, agar kita dapat menjadikan nama Tuhan harum dan diakui oleh semua orang. Kita patut mengerjakan keselamatan itu melalui hal yang sederhana. Membuat orang lain mengalami kemerdekaan yang sudah Anda rasakan. Layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Sumber : lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami