Konflik Israel ? Palestina, Kekerasan Hanya Hasilkan Kekerasan
Sumber: Reuters

Internasional / 11 July 2014

Kalangan Sendiri

Konflik Israel ? Palestina, Kekerasan Hanya Hasilkan Kekerasan

Lois Official Writer
3143

Tidak peduli siapa yang memulai duluan, pemenang Nobel Perdamaian sekaligus Uskup Emeritus Anglikan Desmond Tutu (82) mengecam kedua belah pihak, khususnya para pemimpin Israel dan Palestina. Menurutnya, keduanya bertindak kekanakan saat saling menyalahkan atas konflik berdarah di Jalur Gaza.

“Sekali lagi orang-orang Israel dan Palestina yang terlibat dalam adu kekerasan mematikan yang tidak akan pernah ada pemenang, hanya kerugian,” ujar pemuka agama Afrika Selatan tersebut dalam sebuah pernyataan, Rabu (9/7/2014).

Pada Rabu, pesawat tempur Israel membombardir Jalur Gaza dan menewaskan puluhan warga Palestina. Sebaliknya, kelompok Hamas membalas serangan tersebut dengan lontaran roket ke wilayah Israel. “Dunia ingin melihat Israel dan Palestina lebih dewasa daripada saat ini, untuk mengambil sebuah tindakan, sebelum ada lebih banyak anak-anak yang terluka,” ujarnya lagi.

Pada Kamis (10/7/2014) kemarin, Tutu bergabung dengan para pemimpin Katolik Roma di Tanah Suci dan Dewan Gereja Sedunia (WCC) dan berdoa agar kekerasan yang terus menerus itu dapat dihentikan.

Rev. Olav Fykse Tveit, sekretaris umum WCC mengutuk serangan para militer Israel di Jalur Gaza yang banyak penduduk sipilnya, begitu juga serangan militan Hamas ke Israel yang menyerang penduduk. Mereka juga mengirimkan salam dukacita atas korban yang tak berdosa tersebut.

“Kita harus terus berdoa agar korban yang ada kemarin menjadi yang terakhir di dalam hal kebencian dan balas dendam,” ujar pemimpin Katolik. “Kita perlu mengerti bahwa penculikan dan pembunuhan sadis anak muda Israel dan balas dendam brutal dengan membunuh para anak muda Palestina adalah produk dari ketidakadilan dan rasa benci yang ditularkan oleh para pendahulu,” ujarnya lagi. Pada akhirnya, pemimpin Katolik menyatakan bahwa kekerasan yang direspon dengan kekerasan, hanya akan menyebabkan kekerasan lain yang lebih banyak lagi.

 

Baca juga :

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

The Fault In Our Stars - Kisah Cinta Remaja Penderita Kanker

Daripada Taruhan, Lebih Baik Lakukan Ini

Langkah Mudah Sinkronisasi Data ke Smartphone Baru

Sumber : ecumenicalnews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami